Inilah 9 Gejala Kolesterol Tinggi: Berikut Penyebab dan Kadar Kolesterol Normal dalam Tubuh

Inilah 9 Gejala Kolesterol Tinggi: Berikut Penyebab dan Kadar Kolesterol Normal dalam Tubuh

Inilah 9 Gejala Kolesterol Tinggi: Berikut Penyebab dan Kadar Kolesterol Normal dalam Tubuh.-Palpos.id-@tangkapan layar medsos

BACA JUGA:Wortel dan Kesehatan Kolesterol: Peran Beta Karoten dalam Menurunkan Kolesterol Darah

Pembengkakan pada buku-buku jari dan lutut

Kolesterol tinggi dapat menyebabkan peradangan pada sendi, yang ditandai dengan pembengkakan pada buku-buku jari tangan dan lutut.

Benjolan kecil berwarna kuning di sekitar mata

Xanthelasma, yaitu benjolan kecil berwarna kuning di sekitar sudut dalam mata, sering kali menjadi tanda jelas adanya penumpukan kolesterol dalam tubuh.

Jika Anda mengalami salah satu dari gejala di atas, segera lakukan pemeriksaan ke dokter. Deteksi dini sangat penting untuk mencegah komplikasi lebih lanjut seperti serangan jantung atau stroke.

Penyebab Kolesterol Tinggi

Kolesterol tinggi bisa disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk faktor keturunan dan gaya hidup. 

Jika salah satu anggota keluarga Anda memiliki riwayat kolesterol tinggi, maka Anda berisiko lebih besar untuk mengalaminya juga. 

Namun, sering kali kolesterol tinggi terjadi karena kebiasaan buruk dalam pola hidup sehari-hari.

Beberapa faktor gaya hidup yang dapat menyebabkan kolesterol tinggi meliputi:

Merokok

Kebiasaan merokok dapat merusak dinding pembuluh darah, yang memudahkan penumpukan lemak di arteri dan meningkatkan kadar kolesterol LDL (kolesterol jahat) dalam darah.

Stres

Tingkat stres yang tinggi dapat memicu peningkatan kadar kolesterol, karena tubuh melepaskan hormon yang dapat meningkatkan produksi kolesterol di hati.

Minum alkohol

Mengonsumsi alkohol dalam jumlah berlebihan dapat meningkatkan kadar kolesterol total dan trigliserida dalam darah, yang berisiko menyebabkan penyakit jantung.

Kurang aktivitas fisik

Gaya hidup sedentari atau kurangnya aktivitas fisik dapat menurunkan kadar kolesterol HDL (kolesterol baik), yang berperan dalam membantu menghilangkan kolesterol jahat dari aliran darah.

Selain faktor gaya hidup, ada beberapa kondisi medis yang juga dapat menyebabkan peningkatan kadar kolesterol dalam darah. Beberapa di antaranya adalah:

Penyakit ginjal kronis

Diabetes

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: