Integrasi Teknologi Sebagai Langkah PGN Wujudkan Keandalan Infrastruktur dan Transformasi Ekonomi Hijau

Integrasi Teknologi Sebagai Langkah PGN Wujudkan Keandalan Infrastruktur dan Transformasi Ekonomi Hijau

--

BISNIS, PALPOS.ID-Di tengah kemajuan industri yang pesat, teknologi dan transformasi digital menjadi elemen penting dalam mendorong kemajuan, terutama dalam sektor minyak dan gas.

PT PGN Tbk (PGN), yang berperan sebagai Subholding Gas Pertamina, menunjukkan komitmennya untuk mengintegrasikan teknologi demi meningkatkan keandalan infrastruktur dan mendukung transformasi ekonomi hijau.

Upaya ini tidak hanya bertujuan untuk efisiensi operasional, tetapi juga untuk keberlanjutan lingkungan dan pengembangan masyarakat.

Rosa Permata Sari, Direktur Strategi dan Pengembangan Bisnis PGN, menegaskan bahwa transformasi digital menjadi pilar utama dalam strategi perusahaan.

Dalam acara Road to Islamic Digital Transformation Forum 2025 yang berlangsung pada 18 Oktober 2024, ia menjelaskan bahwa digitalisasi diterapkan di seluruh rantai proses bisnis gas, mulai dari operasi hingga pengelolaan pelanggan.

BACA JUGA:Keselamatan dan Efisiensi Jadi Prioritas PGN Group dalam Proyek Infrastruktur Energi

BACA JUGA:PGN Mobile : Lebih Lengkap dan Mudah untuk Pelanggan PGN Rumah Tangga dan UMKM

“Transformasi digital ini menggunakan solusi IT yang dapat meningkatkan keterlibatan pelanggan dengan perusahaan, yang mengintegrasikan Operation Technology (OT) dan Information Technology (IT),” jelas Rosa.

PGN telah mengembangkan sejumlah aplikasi inovatif untuk mendukung efisiensi dan efektivitas operasional.

Salah satunya adalah Digio (Digital Information for Gas Infrastructure Operation), yang memungkinkan pengelolaan dan perancangan infrastruktur gas bumi dengan lebih baik.

Selain itu, SiApp Gas-In digunakan untuk merencanakan proyek secara efektif, termasuk penyiapan timeline dan pengelolaan sumber daya.

Sistem Informasi Penyaluran Gas (SipGas) juga diterapkan untuk memantau pergerakan penyaluran gas dan infrastruktur pendukungnya, sehingga PGN dapat memberikan layanan yang lebih baik kepada pelanggan.

BACA JUGA: PGN Lakukan Pertemuan Strategis dengan Sultan HB X untuk Pengembangan Jargas di Daerah Istimewa Yogyakarta

BACA JUGA:PGN Dorong Peningkatan Infrastruktur Gas Bumi untuk Mendukung Pertumbuhan Ekonomi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: