Wamenperin Faisol Riza Dorong Marketplace Prioritaskan Produk Lokal

Wamenperin Faisol Riza Dorong Marketplace Prioritaskan Produk Lokal

Wamenperin Faisol Riza Dorong Marketplace Prioritaskan Produk Lokal.-Palpos.id-Dokumen Palpos.id

PALPOS.ID - Wamenperin Faisol Riza Dorong Marketplace Prioritaskan Produk Lokal.

Penjualan produk-produk dalam negeri harus menjadi prioritas utama bagi penyedia lokapasar (marketplace) di Indonesia. 

Hal ini ditegaskan oleh Wakil Menteri Perindustrian (Wamenperin) Faisol Riza saat melakukan kunjungan kerja ke kantor pusat Tokopedia di Jakarta, Rabu (22/1/2025). 

Dalam kunjungannya, Faisol menyampaikan pentingnya peran marketplace dalam mendukung pertumbuhan industri lokal, khususnya sektor industri kecil dan menengah (IKM).

BACA JUGA:Pertamina Perkuat Branding Produk Lokal Melalui Partisipasi di SMEXPO 2024

BACA JUGA:Pendampingan TKDN: Upaya BSPJI Palembang Mendukung Produk Lokal Menghadapi Persaingan Global

"Produk lokal kita memiliki kualitas yang tidak kalah dengan produk impor. Marketplace perlu membantu memeriksa dan mempromosikan produk-produk lokal agar lebih kompetitif di pasaran," ujar Faisol Riza.

Menurut Wamen Faisol, saat ini produk impor masih mendominasi penjualan di berbagai platform marketplace. 

Fenomena ini terjadi karena produk dalam negeri sering kalah bersaing dari segi visibilitas dan harga dibandingkan produk impor yang lebih murah. 

Padahal, banyak produk lokal seperti fashion, sepatu, dan kerajinan tangan memiliki kualitas yang lebih unggul.

BACA JUGA:Suzuki Indonesia Akhiri Penjualan Ignis: Fokus pada Produk Lokal dan Elektrifikasi

BACA JUGA:Produk Lokal Muara Enim Lebih Diminati dan Imbau Tingkatkan Pembinaan

"Masalah ini bukan hanya soal harga, tapi juga soal branding dan mindset konsumen. Banyak masyarakat kita yang masih berpikir bahwa produk impor lebih baik. Marketplace harus menjadi agen perubahan untuk membangun kepercayaan terhadap produk lokal," tambah Faisol.

Strategi Mendukung Produk Lokal

Wamen Faisol mengusulkan beberapa langkah strategis yang dapat dilakukan oleh marketplace untuk mendukung produk lokal:

Labelisasi Produk Lokal

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: