BMW M1 (1978–1981): Supercar Jerman dengan Sentuhan Italia yang Tak Terlupakan.

BMW M1 (1978–1981): Supercar Jerman dengan Sentuhan Italia yang Tak Terlupakan.- Foto: pinterest-
Mesin 3.5 liter inline-6 dengan DOHC 24-valve
Tenaga 277 hp pada 6.500 rpm (versi jalan raya)
Torsi 330 Nm pada 5.000 rpm
0-100 km/j dalam 5,6 detik
Kecepatan maksimum sekitar 262 km/j
Versi balap dari M1, yang digunakan dalam Procar Series, mampu menghasilkan lebih dari 470 hp, menjadikannya salah satu mobil balap paling mengesankan pada masanya.
BMW juga bekerja sama dengan Lamborghini untuk membangun sasis dan mengembangkan teknologi sasis tubular, tetapi masalah keuangan di Lamborghini membuat proyek ini beralih ke Marchese dan Baur, dua perusahaan Jerman.
BMW M1 Procar: Kejayaan di Dunia Balap
Salah satu bagian paling menarik dari sejarah M1 adalah keikutsertaannya dalam BMW M1 Procar Championship, yang berlangsung dari 1979 hingga 1980.
Kejuaraan ini adalah salah satu yang paling unik dalam dunia balap, karena menampilkan pembalap Formula 1 bertarung dalam mobil yang sama.
Beberapa fakta menarik tentang BMW M1 Procar:
Kejuaraan ini diadakan sebagai balapan pendukung untuk Formula 1.
Beberapa pembalap legendaris, seperti Niki Lauda, Nelson Piquet, dan Emerson Fittipaldi, ikut serta dalam ajang ini.
Niki Lauda memenangkan musim pertama pada 1979, sementara Nelson Piquet menjuarai musim 1980.
Mobil M1 Procar yang digunakan dalam balapan memiliki tenaga hingga 470 hp dan mampu melaju dengan kecepatan lebih dari 310 km/j.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Sumber: