Dari Shine 100 ke Shine EV: Cara Honda Pangkas Biaya Tanpa Kurangi Kualitas !

Dari Shine 100 ke Shine EV: Cara Honda Pangkas Biaya Tanpa Kurangi Kualitas !

Efisiensi produksi jadi senjata rahasia Honda Shine EV-Foto : Dokumen Palpos-

Sasis dan suspensi hemat 5–15% lewat pengadaan dan desain yang sudah distandardisasi.

Komponen kelistrikan non-baterai seperti kabel, saklar, dan lampu hemat 5–10%.

Proses validasi lebih cepat karena sebagian part tak perlu diuji ulang.

Hasilnya, Honda bisa memfokuskan biaya pada:

Baterai berkapasitas 2–3 kWh (kemungkinan tipe LFP untuk ketahanan dan biaya yang rasional).

Motor listrik & kontroler yang menentukan performa akselerasi dan efisiensi.

Battery Management System (BMS) untuk menjaga keamanan dan umur pakai.

Dari sisi CAPEX (modal awal), reuse komponen berarti:

Tooling lama tetap dipakai sehingga investasi baru minimal.

Layout lini produksi Shine 100 bisa diadaptasi hanya dengan penambahan stasiun baterai dan motor listrik.

Operator lebih cepat beradaptasi karena sudah terbiasa dengan part lama.

Dari sisi OPEX (operasional):

Limbah produksi berkurang karena part lama punya kualitas stabil.

Waktu siklus produksi tidak terganggu sehingga output terjaga.

Rantai pasok lebih terjamin karena pemasok lama sudah terbukti andal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: