Pemekaran Kecamatan di Kabupaten Penajam Paser Utara: Membangun Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah

Minggu 10-12-2023,07:08 WIB
Reporter : Bambang
Editor : Bambang

Ibukota Kabupaten Tanah Kambatang Lima diharapkan akan berada di tengah-tengah wilayah, dengan Cantung Kecamatan Kelumpang Hulu sebagai ibukota sementara. Sementara Desa Sengayam dan Serongga akan menjadi kota penyangga ibukota.

Menyusun Kota Madya Kotabaru

Langkah Kota Madya Kotabaru akan meniru konsep yang sudah diterapkan di Kabupaten Malang dan Kota Madya Malang Provinsi Jawa Timur. 

Ini dilakukan untuk mengoptimalkan pelayanan kepada masyarakat, terutama mengingat jarak antar kecamatan yang mencapai puluhan hingga ratusan kilometer.

BACA JUGA:Bangun Kantor Baru di IKN, Landasan Baru Bagi Pekerjaan dan Perlindungan BPJS Ketenagakerjaan

BACA JUGA: Lengkuas, Rempah Ajaib yang Dapat Mengatasi Gejala Demam dan Flu, Begini Cara Meraciknya !

Menuju Provinsi Kalimantan Tenggara

Dengan penambahan Kabupaten Tanah Kambatang Lima dan Kota Madya Kotabaru, Provinsi Kaltra akan terbentuk dengan enam kabupaten dan kota. 

Kabupaten Kotabaru diharapkan akan menjadi ibukota baru provinsi ini, semakin memperkuat peran Kalimantan Tenggara sebagai penyangga IKN Nusantara.

Dengan pemekaran dan pembentukan provinsi baru, diharapkan Kabupaten Penajam Paser Utara dan sekitarnya akan menjadi pusat pertumbuhan ekonomi dan pembangunan di Kalimantan Timur serta memberikan kontribusi positif terhadap IKN Nusantara. *

Kategori :