Hadapi Lonjakan Kebutuhan Profesi LIVE Host di Indonesia, TikTok Shop by Tokopedia lewat WaktunyaSTARt!

Hadapi Lonjakan Kebutuhan Profesi LIVE Host di Indonesia, TikTok Shop by Tokopedia lewat WaktunyaSTARt!-Foto:dokumen palpos-
PALPOS.ID – TikTok Shop by Tokopedia menegaskan komitmennya untuk terus mengembangkan talenta digital Indonesia sekaligus memperkuat ekosistem LIVE commerce nasional.
Komitmen ini sejalan dengan hasil riset yang dilakukan oleh TikTok Shop by Tokopedia yang menunjukkan bahwa, kewirausahaan masih menjadi aspirasi karier utama di kalangan anak muda Indonesia (23,9%), diikuti oleh karyawan sektor swasta (12,4%), kreator konten (12,5%).
Di antara mereka yang telah aktif sebagai Host, profesi LIVE Host menjadi salah satu karier yang diminati (38,1%), kreator konten (74%), dan wirausaha (18,2%).
Berdasarkan data kanal rekrutmen nasional seperti SIAPkerja-Karirhub Kemnaker dan berbagai platform daring lainnya, permintaan terhadap profesi LIVE Host kini menempati posisi teratas di antara pekerjaan yang paling dibutuhkan di Indonesia.
Sepanjang Januari-Agustus 2025, tercatat lebih dari 786 ribu lowongan dari 89.853 perusahaan.
Profesi host live streaming menjadi salah satu pekerjaan dengan lowongan terbanyak, mencapai 10.190 lowongan pekerjaan.
Senior Director of E-Commerce Tokopedia dan TikTok Shop Indonesia, Stephanie Susilo, menyampaikan, “Permintaan terhadap profesi LIVE Host kini menunjukkan tren yang sangat tinggi di Indonesia.
Melihat potensi besar ini, TikTok Shop by Tokopedia melalui program WaktunyaSTARt! berkomitmen untuk membekali masyarakat dengan keterampilan dan wawasan agar dapat menjadi LIVE Host yang profesional dan berkualitas.
BACA JUGA:Pemekaran Wilayah Nusa Tenggara Barat: Wacana Pembentukan Kabupaten Sumbawa Tengah Untuk Akselerasi
BACA JUGA:Jadi Sejarah Era Presiden Prabowo, Pupuk Indonesia Siap Dukung Kebijakan Penurunan HET
Kami ingin melahirkan lebih banyak talenta digital yang kreatif, percaya diri, dan siap berkontribusi dalam memperkuat pertumbuhan ekonomi digital Indonesia.”
Deretan Inisiatif Tokopedia dan TikTok Shop Dukung Tren LIVE Commerce di Indonesia
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Sumber: