Pemekaran Wilayah Provinsi Jambi: Usulan Pembentukan Daerah Otonomi Baru Kabupaten Sungai Bahar

Sabtu 20-07-2024,09:38 WIB
Reporter : Bambang
Editor : Yan

Dukungan dari kecamatan-kecamatan ini menunjukkan keinginan kuat masyarakat untuk membentuk pemerintahan yang lebih dekat dan efisien.

Dukungan dari Tokoh Masyarakat dan DPRD

Anggota DPRD Muaro Jambi, Robinson Sirait, mengungkapkan keyakinannya bahwa pembentukan Kabupaten Sungai Bahar memiliki dukungan kuat dari berbagai pihak. 

"Mulai dari forum kepala desa hingga tokoh masyarakat bersatu menginginkan terwujudnya Kabupaten Sungai Bahar ini," tegasnya. 

BACA JUGA:Listrik 2,5 Juta Pelanggan Sudah Menyala, PLN Lakukan Penormalan Sistem Kelistrikan di Sumsel, Jambi, Bengkulu

BACA JUGA:Percepatan Pengalihan PI 10 Persen Wilayah Kerja Jambi Merang, Audiensi Bersama Dirut PT Pertamina Hulu Energi

Robinson juga menekankan bahwa luas wilayah, akses pelayanan yang jauh ke ibu kota Kabupaten Muaro Jambi, serta pemerataan pembangunan menjadi faktor pendukung utama bagi pemekaran ini.

Manfaat Pemekaran

Pembentukan Kabupaten Sungai Bahar diharapkan dapat mendekatkan pelayanan kepada masyarakat dan mempermudah pemerintahan dalam mengelola wilayah yang luas. 

Robinson Sirait menambahkan bahwa jumlah penduduk di wilayah yang diusulkan juga sudah mencukupi untuk membentuk kabupaten baru. 

Dengan adanya pemerintahan baru, diharapkan pelayanan publik dapat lebih efisien dan pembangunan dapat lebih merata.

BACA JUGA:Sukses Merantau di Kota Hujan Provinsi Jawa Barat: Kisah Bang Zaky Sang Pengusaha Dodongkal dari Jambi

BACA JUGA:Ke Jambi Belum Lengkap Kalau Belum ke Danau Pauh, Rekomendasi Wisata Untuk Liburan Akhir Tahun

Tantangan dan Harapan

Meskipun proses pemekaran ini menghadapi tantangan, termasuk moratorium DOB yang belum dicabut, Robinson Sirait tetap optimis dan meminta doa serta dukungan dari masyarakat agar proses pembentukan Kabupaten Sungai Bahar dapat berjalan lancar. 

"Sekali lagi mohon doanya agar nanti pembentukan Kabupaten Sungai Bahar bisa berjalan dengan lancar, meskipun melalui proses yang panjang," tutupnya.

Kategori :