High Level Meeting TPID di Palembang: Pj Gubernur Elen Setiadi Soroti Pentingnya Stabilitas Harga dan Keterse

Sabtu 03-08-2024,17:02 WIB
Reporter : Septi
Editor : Bambang

Oleh karena itu, kebijakan dan program harus dioptimalkan untuk menjaga agar daya beli tetap terjaga, termasuk mempercepat realisasi penyerapan anggaran APBD, terutama untuk kegiatan fisik yang akan meningkatkan transaksi ekonomi di daerah tersebut.

Namun, perlu diwaspadai juga kondisi curah hujan yang cenderung menurun saat ini, yang dapat menyebabkan kekeringan di beberapa daerah.

Berdasarkan informasi dari BMKG Provinsi Sumsel, pada bulan Agustus 2024, sebagian besar wilayah Sumatera Selatan diperkirakan berada dalam kondisi normal, sementara beberapa daerah seperti Palembang dan Lahat diperkirakan berada dalam kondisi agak basah.

BACA JUGA:Agus Fatoni Dukung Penuh PASKI, Gelar Sumsel Comedy Festival 2024 di Lahat

BACA JUGA:PJ Gubernur Sumsel, Resmi Melepas Jemaah Calon Haji Pertama

Elen Setiadi juga meminta perhatian khusus dari kepala daerah terhadap kecenderungan kenaikan harga beras dan minyak goreng pada akhir bulan ini.

Langkah-langkah untuk mengantisipasi dan menekan kenaikan harga harus segera diambil, seperti melakukan inspeksi pasar, memantau distribusi, dan memastikan pasokan di rantai distribusi tetap normal tanpa adanya penimbunan.

Informasi tentang ketersediaan stok harus disampaikan secara luas kepada masyarakat untuk menghindari panic buying yang dapat mengganggu stok dan harga pasar.

BACA JUGA:PJ Gubernur Sumsel, Resmi Melepas Jemaah Calon Haji Pertama

BACA JUGA: Peringatan Ulang Tahun Provinsi Sumsel ke-78 Dirayakan dengan Meriah dan Antusiasme

Selain itu, kepala daerah diharapkan dapat mengamankan daerah pertanaman yang akan dipanen pada bulan Agustus hingga Oktober dan memastikan bahwa hasil panen dapat memenuhi kebutuhan lokal serta kebutuhan kabupaten/kota lain di Sumsel.

Penyerapan gabah harus diprioritaskan untuk memenuhi stok gudang di Sumsel, dan kerjasama dengan Bulog dapat menjadi alternatif untuk menyerap gabah dan menyalurkannya kepada ASN di daerah melalui program kerjasama tertentu.

Elen juga mengingatkan perlunya solusi dan alternatif untuk daerah rawa pasang surut yang sering mengalami paceklik pada bulan Oktober hingga Desember.

BACA JUGA: Peringatan Ulang Tahun Provinsi Sumsel ke-78 Dirayakan dengan Meriah dan Antusiasme

BACA JUGA: Arah Baru untuk Inspektorat Sumsel: Fokus pada Leadership dan Etika Kerja

Dalam upaya mencapai target inflasi yang lebih rendah, Elen Setiadi menggarisbawahi tiga poin penting untuk kepala daerah:

Kategori :