Mengintip Kembaran Gran Max: Dari Indonesia untuk Dunia

Kamis 10-10-2024,09:53 WIB
Reporter : Koer
Editor : Erika

PALPOS.ID-Sekilas, ketika melihat mobil berdesain kotak sederhana ini melintas di jalanan, mungkin kamu akan mengira itu adalah Daihatsu Gran Max, salah satu kendaraan komersial terlaris di Indonesia.

Namun, jika diamati lebih seksama, kamu mungkin akan terkejut.

Ternyata mobil tersebut bukanlah Gran Max, melainkan salah satu dari "kembarannya" yang diproduksi bersama oleh Daihatsu di pabrik yang sama, yaitu Mazda Bongo dan Toyota Town Ace, serta Lite Ace.

Ya, siapa sangka Gran Max punya saudara kembar yang menjelajah hingga berbagai belahan dunia!

BACA JUGA:Saingi Xpander dan BR-V, Chery Tiggo 8 Tawarkan Fitur Mewah dengan Harga Terjangkau

BACA JUGA:Cheetah Motors: Kehebatan Iran dalam Membangun Replika LaFerrari yang Memukau Dunia

Baik Gran Max maupun kembarannya di bawah nama Mazda dan Toyota, semuanya lahir dari pabrik PT Astra Daihatsu Motor (ADM) di Indonesia.

Fakta ini semakin menegaskan bagaimana kepercayaan terhadap kualitas manufaktur otomotif Tanah Air telah tumbuh pesat dalam beberapa dekade terakhir.

Dahulu, mungkin ada keraguan dari pasar internasional, termasuk Jepang, terhadap mobil 'buatan Indonesia'.

Namun, Daihatsu berhasil membuktikan bahwa kendaraan hasil tangan anak bangsa bisa menembus pasar yang terkenal dengan standar tinggi, salah satunya adalah Negeri Sakura, Jepang.

BACA JUGA:Tampilan Lebih Segar, Nissan Magnite 2024 Siap Bersaing di Kelas SUV Kompak

BACA JUGA:SUV Penjelajah Mahindra Thar Roxx 5 Pintu Siap Tantang Medan Ekstrem

Berdasarkan data distribusi ekspor Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), PT ADM secara rutin mengekspor Mazda Bongo, Gran Max, Toyota Town Ace, dan Toyota Lite Ace ke berbagai negara.

Jepang menjadi salah satu destinasi utama. Ini merupakan pencapaian besar bagi industri otomotif nasional, mengingat Jepang dikenal sangat ketat dalam hal kualitas.

Selain Jepang, Gran Max juga merambah pasar di berbagai negara, mulai dari Brunei Darussalam, Malaysia, hingga negara-negara di Amerika Latin dan Timur Tengah seperti Antigua, Aruba, Bolivia, dan Uni Emirat Arab.

Kategori :