Herindra Jalani Fit and Proper Test di DPR: Menguak Rekam Jejak Pengganti Budi Gunawan

Rabu 16-10-2024,12:42 WIB
Reporter : Bambang
Editor : Yen_har

PALPOS.ID - Herindra Jalani Fit and Proper Test di DPR: Menguak Rekam Jejak Pengganti Budi Gunawan.

Wakil Menteri Pertahanan (Wamenhan) Letnan Jenderal TNI (Purn) Muhammad Herindra kini berada di titik penting dalam kariernya. 

Nama Herindra diusulkan oleh Presiden Joko Widodo untuk menjadi Kepala Badan Intelijen Negara (BIN), menggantikan posisi Jenderal Polisi (Purn) Budi Gunawan yang telah menjabat sejak 2016. 

Pencalonan Herindra sebagai pemimpin BIN tidak terlepas dari rekam jejaknya yang panjang dan solid di dunia militer, terutama di TNI, dan kini ia akan menghadapi tahapan krusial berupa uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) di Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI.

BACA JUGA:Prabowo-Gibran Pecah 8 Kementerian Menjadi 18: Beredar 46 Kementerian di Kabinet

BACA JUGA:Tingkatkan Kesehatan Warga Binaan, Lapas Sekayu Rutin Kontrol Kesehatan ke Blok Hunian

Usulan dari Presiden Jokowi

Ketua DPR RI Puan Maharani mengumumkan pada 15 Oktober 2024 bahwa Presiden Jokowi telah mengirimkan Surat Presiden (Surpres) yang berisi pengusulan Herindra sebagai calon Kepala BIN. 

"Jadi sudah diusulkan satu nama dari Presiden Jokowi. Surpres Pergantian Kepala BIN atas nama Pak Herindra," kata Puan dalam konferensi pers yang diadakan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta. 

Uji kelayakan ini dijadwalkan pada 16 Oktober 2024, yang akan menentukan apakah Herindra dinilai layak memimpin badan intelijen tertinggi di Indonesia.

Fit and proper test adalah tahapan yang wajib dihadapi setiap calon pejabat tinggi negara untuk memastikan mereka memiliki kompetensi dan integritas yang dibutuhkan untuk menjalankan tugas berat yang ada di depan mereka. 

BACA JUGA:Kepala BIN Budi Gunawan Diberhentikan Presiden Jokowi: Siapa Pengganti Selanjutnya?

BACA JUGA:Jadi Pembina Apel Pagi, Kadiv Pemsyarakatan Sampaikan Pengalaman Studi Tiru

Dalam hal ini, Herindra harus melalui serangkaian pertanyaan dari anggota DPR terkait kemampuan strategis, manajerial, serta pandangannya terkait isu-isu keamanan nasional dan intelijen.

Profil dan Rekam Jejak Muhammad Herindra

Herindra bukan sosok baru di lingkungan militer Indonesia. Lahir di Magelang, Jawa Tengah, pada 30 November 1967, dia mengukir prestasi sejak masa pendidikannya. 

Herindra adalah lulusan terbaik dari Akademi Militer (Akmil) tahun 1987, di mana ia menerima penghargaan Adhi Makayasa dan Tri Sakti Wiratama. 

Kategori :