Suspensi depan model leaf spring dan suspensi belakang rigid axle memang terasa keras di jalan aspal, tapi sangat cocok di trek off-road.
Kursi belakang model bench bisa dilipat untuk membawa barang bawaan atau peralatan berkemah.
Satu hal menarik adalah konstruksi bodi-on-frame yang menjadikannya sangat mudah untuk dimodifikasi.
Banyak pemilik Taft yang menambahkan winch, snorkel, roof rack, bahkan ubahan suspensi untuk medan off-road ekstrim.
Nilai Kolektibilitas Tinggi
Karena populasi Daihatsu Taft GT Diesel 2.8 yang masih orisinal semakin langka, harga unit bekasnya kini mulai merangkak naik.
Di pasar mobil klasik atau komunitas off-road, Taft 1988 bisa dibanderol di atas Rp 100 juta untuk kondisi mulus dan orisinil.
Bahkan ada yang dijual lebih mahal dari SUV modern entry level, berkat aura legendaris dan ketangguhannya yang sulit ditandingi.
Komunitas dan Suku Cadang
Daihatsu Taft punya komunitas yang cukup besar di Indonesia, seperti Taft Diesel Indonesia (TDI) dan Taft Hunter.
Komunitas ini aktif menggelar off-road bersama, diskusi teknis, dan berbagi suku cadang.
Berkat popularitasnya, suku cadang Taft GT Diesel masih relatif mudah ditemukan, baik original maupun versi rekondisi.
Banyak bengkel spesialis diesel yang juga terbiasa menangani mesin DL-series.
Mobil Legendaris untuk Jiwa Petualang
Jika Anda mencari mobil yang bisa diandalkan di medan berat, mudah dirawat, punya karakter kuat, dan kini bernilai kolektor, maka Daihatsu Taft GT Diesel 2.8 M/T 4x4 1988 adalah jawabannya.
Ia bukan mobil biasa—ia adalah simbol kejantanan mekanis era 80-an yang masih terus hidup hingga sekarang.