Hadapi Lonjakan Kebutuhan Profesi LIVE Host di Indonesia, TikTok Shop by Tokopedia lewat WaktunyaSTARt!

Kamis 23-10-2025,13:57 WIB
Reporter : Septi
Editor : Dahlia

Saat ini, Leo bersama empat host mengelola dua akun TikTok, @racuninskincare, yang membahas produk perawatan kulit, dan @leo_giovannii, yang berisi panduan menjadi kreator konten, rutin melakukan live streaming selama 8–10 jam setiap hari di TikTok Shop by Tokopedia untuk berbagi konten edukatif.

Melalui profesinya, ia telah membantu ribuan orang yang disebutnya ‘Murid FYP Specialist’ meraih penghasilan dari konten.

Namun, untuk sampai di posisi ini tidaklah mudah. Leo menghadapi sejumlah tantangan, termasuk minimnya dukungan orang terdekat dan komentar negatif, yang justru menjadi penyemangatnya untuk berhasil menjadi kreator konten.

“Salah satu momen paling berkesan bagi saya ketika bisa memberangkatkan umrah asisten rumah tangga yang telah mengasuh sejak kecil.

Dari hasil kerja keras sebagai kreator konten, saya juga bisa menabung emas hingga ratusan juta rupiah dan menulis tiga buku tentang strategi konten TikTok, salah satunya meraih rekor MURI sebagai buku panduan dengan ulasan terbanyak di marketplace,” ujar Kreator Konten TikTok sekaligus Affiliate TikTok Shop, Leo Giovanni.

Bagi Leo, kunci sukses menjadi kreator konten adalah menjauhi drama dan konten negatif, terus mengevaluasi performa setiap unggahan, dan menjaga konsistensi serta ketahanan mental.

Ia ingin terus berbagi ilmu secara praktikal, bukan hanya teori, sambil menjaga silaturahmi dengan komunitasnya lewat pertemuan rutin setiap dua hingga tiga bulan sekali.

Kisah Penjual - LY Fashion

Perjalanan usaha fesyen Liza Aditya, LY Fashion (Tokopedia dan TikTok Shop) berawal dari dunia hiburan. Kala itu, Liza sebagai host home shopping produk fesyen di televisi, melihat peluang besar di industri fesyen yang memiliki risiko rendah dan pasar luas.

Ia pun membangun brand LY Fashion dengan modal kecil untuk membeli produk dan mulai berjualan di TikTok Shop pada 2021.

Pada tahap awal, penjualan LY Fashion kurang baik karena bahan produk dari supplier tidak sesuai ekspektasi pelanggan.

Dari pengalaman tersebut, Liza memutuskan memproduksi sendiri berbagai produk fesyen Muslim, seperti abaya dan dress.

Produk LY Fashion kini dikenal dengan desain all size, bahan premium, dan harga terjangkau mulai dari Rp200 ribu.

Meski sempat berjuang seorang diri tanpa tim dan followers di TikTok, Liza perlahan membangun tim kecil, memperkuat strategi live streaming, dan konsisten membuat konten agar brand terus berkembang.

“TikTok Shop by Tokopedia menjadi kunci utama pertumbuhan bisnis LY Fashion, yang memperluas jangkauan pasar dan interaksi langsung dengan pelanggan.

Hingga kini, 90% penjualan online LY Fashion berasal dari TikTok Shop. Saya bersama enam host melakukan live setiap hari untuk mendukung penjualan, serta membuat konten video setiap hari.

Kategori :