Piala AFF U-19 2022: Gulung Filipina 5-1, Kans Timnas Indonesia Juara Grup Terbuka Lebar

Piala AFF U-19 2022: Gulung Filipina 5-1, Kans Timnas Indonesia Juara Grup Terbuka Lebar

BEKASI, PALPOS.ID – Laga penyisihan di matchday 4 Grup A Piala AFF U-19 2022 antara Timnas Indonesia menghadapi Filipina. Garuda Muda menang telak 5-1.

Laga yang berlangsung di Stadion Patriot Candrabhaga Bekasi, Jawa Barat, Jumat (8/7) malam WIB.

BACA JUGA:Filipina U-19 vs Indonesia U-19: Laga Hidup Mati

Ini merupakan kali kedua Timnas Indonesia U-19 meraih kemenangan telak. Sebelumnya pada matchday 2, Ronaldo Kwateh dkk melibas Brunei Darussalam 7-0.

Pasukan Shin Tae Yong langsung tancap gas sejak kick off. Maklum, Indonesia membutuhkan kemenangan pada laga ini, setelah dua rivalnya di Grup A Piala AFF U-19 2022, Vietnam dan Thailand menang atas lawan-lawannya, Jumat (87) sore tadi.

BACA JUGA:Malaysia Masters 2022: Gregoria Kembali Tundukkan Ranking 1 Dunia

Indonesia membuka pesta golnya ke gawang Filipina U-19 pada menit ke-14, lewat eksekusi penalti Rabbani Tasnim Siddiq.

Hadiah penalti diperoleh tuan rumah Piala AFF U-19 2022 ini setelah Subhan Fajri dijatuhkan di kotak terlarang. Rabbani dengan tenang menaklukkan kiper Filipina, Lance Bencio. 1-0 untuk Indonesia.

Indonesia menggandakan keunggulan pada menit ke-27. Kali ini lewat aksi Alfriyanto Nico Saputro yang lolos dari jebakan offside. Garuda Muda memimpin 2-0.

Filipina sempat memperkecil ketinggalan pada menit ke-29 lewat sepakan keras Justin Chan Frias dari jarak dekat.

Ini merupakan kali pertama gawang Indonesia U-19 yang dikawal Cahya Supriadi kebobolan sepanjang perhelatan Piala AFF U-19 2022 sejauh ini.

BACA JUGA:Chelsea Ingin Bajak Ronaldo dan Rebut Frenkie de Jong

Memasuki menit ke-40, Indonesia kembali menjauh 3-1. Lagi-lagi berkat gol penalti Rabbani Siddiq. Kali ini hadiah penalti diperoleh Indonesia setelah pemain Filipina melanggar Zanadin Fariz.

Babak pertama Indonesia vs Filipina berakhir dengan skor 3-1 untuk Garuda Muda.

Di awal babak kedua, STY memasukkan Ronaldo Kwateh menggantikan Subhan. Sementara Ahmad Rusadi masuk mengganti Marcell Januar Putra.

Empat menit setelah jeda, Rabbani mencetak gol ketiganya alias hattrick untuk membawa Indonesia unggul 4-1. Gol ketiga Rabbani dihasilkan lewat sundulan menyambut umpan sepak pojok.

BACA JUGA:Kebakaran di Muara Pinang, 3 Rumah Ludes

Pesta gol Indonesia ke gawang Filipina ditutup oleh gol pemain pengganti Razzaa Fachrezi Aziz pada menit ke-70.

Meski Filipina berusaha memperkecil ketinggalan namun mereka tak mampu lagi menjebol gawang Cahya. Hingga laga Indonesia vs Filipina bubar, skor tetap 5-1 untuk Garuda Muda.

Dengan kemenangan tersebut, membuat Indonesia kini naik ke peringkat ketiga klasemen Piala AFF U-19 2022, dengan 8 poin.

Dengan satu laga tersisa, Garuda Muda berpeluang finis sebagai juara Grup A pada akhir klasemen Piala AFF U-19 2022, jika mampu mengalahkan Myanmar.

BACA JUGA:Hendak Pergi Kerja, Sekuriti BRI Tewas Tertimpa Tiang Listrik

Tapi syarat lainnya, laga Vietnam vs Thailand pada matchday 5 berakhir imbang. Jika itu terjadi maka tiga tim (Indonesia, Vietnam dan Thailand) akan sama-sama mengoleksi 11 poin di klasemen akhir.

Indonesia yang memiliki selisih gol lebih baik dari Vietnam dan Thailand dipastikan jadi juara grup, jika poin ketiga negara ini sama di klasemen akhir.

Timnas Vietnam U-19 sendiri saat ini memuncaki klasemen sementara Grup A Piala AFF U-19 2022 dengan 10 poin, selisih gol 11-2.

Thailand menempel ketat di posisi kedua, juga dengan 10 poin dan selisih golnya adalah 6-0. Adapun Indonesia di posisi ketiga dengan 8 poin dan selisih gol paling baik 12-1. (fat/pojoksatu)

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: