Kendalikan Pencemaran Udara, DLH dan Dishub Muba Lakukan Uji Emisi Kendaraan

Kendalikan Pencemaran Udara, DLH dan Dishub Muba Lakukan Uji Emisi Kendaraan

DLH dan Dishub Muba saat melakukan uji emisi kendaraan di balai uji Dishub Muba, Jumat (19/08). -Palpos.id-Humas Dishub Muba

SEKAYU, PALPOS.ID - Guna mengendalikan pencemaran udara, khususnya di Kabupaten Musi Banyuasin, Dinas Lingkungan Hidup (DLH), dengan Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten, Muba melakukan uji Emisi bagi kendaraan, Jumat (19/8), mulai pukul 09.00 WIB.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Muba Andi Wijaya Busro SH MH mengatakan, tujuan uji emisi yang dilakukan adalah untuk mengukur ketaatan bagi pemilik kendaraan bermotor atau Pengendara terkait ambang batas emisi, gas buang kendaraan bermotor.

"Ini merupakan program pengendalian pencemaran udara di Kabupaten Muba, dengan acuan Per Men LHK Nomor 5 tahun 2006," jelas Andi.

BACA JUGA:Angkut Peralatan Pesta yang Melanggar Perda Kabupaten Muba

Lanjutnya, uji emisi ini akan menjadi sampling dari kendaraan, berapa persen yang lolos dan berapa persen yang tidak lolos, atau tidak lolos ambang batas.

"Kalau tidak lolos, pengendara harus memperbaiki kendaraan ke bengkel. Dan kedepan nanti kita akan meminta Pemkab Muba, agar seluruh kendaraan dinas yang bergerak wajib melakukan uji emisi, seluruhnya." terang Andi.

Andi pun menerangkan, apabila kendaraan dinas yang telah melakukan uji emisi, lolos dalam uji emisi, kendaraannya akan ditempelkan stiker.

"Kita ada stiker yang akan ditempel ke kendaraan yang telah lulus uji emisi dan kertas data hasil uji emisinya,” tambahnya.

BACA JUGA:Siapkan 10 Posko Terpadu Cegah Karhutbunlah di Kabupaten Muba

Sementara itu PLT Sekretaris Dishub Muba Ahmad Wendiansah,S.SiT,SH,M.Si mengatakan, bahwa Dishub menyiapkan tempat dan alat alat yang diperlukan untuk melakukan uji Emisi tersebut.

"Ya Kegiatan tadi dilaksanakan di gedung balai ujian, nanti akan dilakukan di jalan, bahwa nanti mengeluarkan edaran ke OPD, OPD, untuk kendaraan yg dipakai akan lulus emisi,” ungkapnya.

BACA JUGA:Tiga Titik Pemasangan ETLE di Kabupaten Muba

Untuk dishub sudah ada di uji kir, salah satunya uji emisi. ‘’Untuk umum dan barang, akan mengkaji dengan DLH. Dan melaporkan ke atasan dengan rencana seluruh mobil dinas akan dilakukan uji emisi," pungkasnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: