Tes Psikologi untuk Periksa Perilaku dan Mental Ratusan Personel Polres Muba

Tes Psikologi untuk Periksa Perilaku dan Mental Ratusan Personel Polres Muba

Tes Psikologi terhadap personel yang diadakan Polres Muba, Kamis 29 September 2022. -Palpos.id-

SEKAYU, PALPOS.ID - Sebanyak 341 personel Polres Musi Banyuasin (Muba), mengikuti tes psikologi.

Tujuannya dalam rangka memeriksa perilaku dan mental anggota, untuk direkomendasikan memegang senjata api (Senpi) milik Dinas Polri.

Tes psikologi terhadap ratusan personel Polres Muba itu, berlangsung di ruangan Off Room Pemkab Muba, Rabu 28 September 2022.

Tes psikologi calon pemegang senpi dinas diikuti oleh ratusan personel jajaran Polres Muba.

BACA JUGA:Polres Muba Amankan Kawanan Pencuri Kabel PLN

Kapolres Muba AKBP Siswandi, melalui Kkabag SDM AKP Ali Rojikin SH MH mengatakan, tes psikologi ini dilakukan rutin setiap tahun.

Sebagai analisa dan evaluasi serta bahan penilaian pimpinan kepada anggota sebagai syarat mutlak ijin memegang Senpi Dinas.

“Kegiatan ini diharapkan dapat mengetahui tingkat kecerdasan, intelektual, tingkat emosional pengendalian diri, penyesuain diri dalam bertugas terutama bagi personil yang dipercaya memegang senpi milik dinas,” jelasnya.

Sementara itu, ketua Tim Psikologi Polda Sumsel Kasub Bag Psipers Bag Psikologi Ro SDM Polda Sumsel Kompol Jarot Budi Purnomo SPsi mengatakan, ini merupakan kegiatan rutin tes psikologi pinjam pakai senpi.

BACA JUGA:Ringankan Beban Warga Dampak Kenaikan BBM, Sabhara Polres Muba Bagikan Sembako

Dan konseling berkala untuk personel Polres Muba dalam rangka tertib administrasi pinjam pakai senpi.

Serta antisipasi penyalahgunaan senpi oleh anggota. Sehingga terpilihlah anggota yang layak pinjam pakai senpi yang sekaligus sebagai mapping melihat kondisi mental dan kepribadian personil Polres Muba.

Untuk kegiatan ini dilakukan selama satu tahun sekali tapi kita dari Polda Sumsel sudah mempunyai aplikasi e-kopi POLDA SUMSEL, yang bisa memantau setiap empat bulan sekali anggota yang pinjam pakai senpi.

‘’Dan bagi personel yang memegang senpi wajib mengisi di aplikasi tersebut, sehingga kitab bisa mengetahui kondisi dari personel yang memegang senpi,” ujarnya.

BACA JUGA:Usai Apel Pagi, Anggota Polres Muba Mendadak Tes Urine

“Dengan adanya kegiatan ini kiranya di Polres Muba tidak ada penyalahgunaan senpi. Dan terpilih personel yang betul betul kompeten sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Sehingga kedepannya kita dapat mewujudkan polri yang Presisi,” harapnya.

‘’Dan jika personel tersebut tidak memenuhi syarat, kita berikan waktu untuk melakukan konseling. Untuk mengetahui apa kekurangan dari anggota tersebut. Sehingga anggota tersebut tidak memenuhi syarat tes pinjam pakai senpi  dan bisa dilakukan perbaikan kedepannya,” pungkasnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: