Daun Sirih Banyak Manfaatnya Lho, Buat Mis V Kesat dan Wangi

Daun Sirih Banyak Manfaatnya Lho, Buat Mis V Kesat dan Wangi

--

4. Mengatasi gatal di area kewanitaan

Sifat antibakteri pada daun sirih mampu mencegah bacterial vaginosis yang menyebabkan gatal-gatal di area kewanitaan. Untuk membasmi bakteri tersebut, basuh bagian luar vagina menggunakan air rebusan daun sirih.

Hindari menggunakan air rebusan daun sirih dalam jangka panjang, karena dapat mengubah pH pada area kewanitaan. Jika rasa gatal tidak kunjung membaik, periksalah ke dokter.

5. Mengobati diabetes

Jenis daun sirih merah dapat dijadikan obat herbal untuk mengobati diabetes mellitus. Melalui senyawa antioksidannya, sirih merah mampu menurunkan kadar glukosa dalam darah.

6. Menyembuhkan luka lebih cepat

Senyawa saponin pada daun sirih bertugas sebagai anti oksidan yang mempercepat penyembuhan luka. Kandungan taninnya juga memproduksi kolagen yang meningkatkan elastisitas tekstur pada kulit, sehingga luka dapat menutup lebih cepat.

7. Mengobati batuk dan hidung mampet

Tak banyak yang tahu kalau daun sirih juga bisa mengatasi batuk dan hidung mampet. Untuk mengatasi flu, daun sirih direndam dalam minyak, kemudian dipanaskan. Setelah dingin oleskan ke dada. Air rebusan daun sirih yang dicampur madu juga efektif mengatasi batuk berdahak.(*)

Sumber : halodoc

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: