FKIP UT Gelar Seminar Membumikan Menulis, Menyuarakan Gagasan dan Meningkatkan Kreativitas

FKIP UT Gelar Seminar Membumikan Menulis, Menyuarakan Gagasan dan Meningkatkan Kreativitas

Narasumber Iqbal Aji Daryono, Creative Writer and Digital Story Teller. -Palpos.id-Humas FKIP UT

TANGERANG, PALPOS.ID - Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Terbuka (FKIP UT) mengadakan Seminar Akademik Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (Prodi PBIN) dengan narasumber utama Iqbal Aji Daryono, Minggu 27 November 2022.

Tema yang diangkat pada Seminar Akademik Prodi PBIN adalah “Membumikan Menulis, Menyuarakan Gagasan, Meningkatkan Kreativitas”.

Tercatat 300 peserta yang mengikuti acara ini dalam jaringan (daring) melalui zoom conference dan 495 penonton melalui Live Youtube Universitas Terbuka TV.

“Seminar akademik Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (Prodi PBIN) merupakan salah satu kegiatan seminar rutin Prodi PBIN.

BACA JUGA:Seminar Nasional Pemberantasan Mafia Tanah dan Saber Pungli, Ini Pesan Gubernur Sumsel...

Seminar akademik bertujuan untuk meningkatkan suasana akademik bagi mahasiswa dan dosen di Prodi PBIN.

Seminar akademik ini menghadirkan narasumber utama yang akan memaparkan materi keilmuan di bidang Bahasa dan Sastra Indonesia.

Selain mengundang narasumber sebagai pemateri utama, seminar ini juga menampilkan mahasiswa sebagai pemakalah yang akan memaparkan materi dengan topik yang berhubungan dengan bahasa, sastra, dan pengajarannya”, papar Kaprodi PBIN, Nunung Supratmi, M.Pd., saat memberikan laporan pelaksanaan seminar akademik, FKIP UT, Pondok Cabe, Minggu 27 November 2022.

Seminar Akademik Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia pun dibuka oleh Dekan FKIP UT, Dr Ucu Rahayu MSc.

BACA JUGA:Pemkot Palembang Terkesan Acuh, Begini Kondisi Underpass Simpang Patal-Pusri Sekarang!

Beliau mengatakan bahwa tema Membumikan Menulis, Menyuarakan Gagasan, dan Meningkatkan Kreativitas merupakan tema yang relevan saat ini, kita diajarkan untuk membaca, menulis, dan menghitung dari SD bahkan pendidikan anak usia dini, tentunya dengan pertambahan usia, keterampilan ini harus ditingkatkan.

Seminar Akademik ini pun disambut antusias oleh narasumber dengan memfokuskan pada keterampilan menulis yang diangkat dalam seminar.

“Ruang-ruang berbagi cerita, berbagi gagasan jauh lebih longgar saat ini dibandingkan di era pradigital, oleh karena itu saatnya membumikan menulis sekaligus menyuarakan gagasan”, papar Narasumber, Iqbal Aji Daryono sebagai Creative Writer and Digital Story Teller.

Seminar Akademik Prodi PBIN terbagi menjadi dua sesi. Sesi pertama Seminar Akademik utama dengan Narasumber Iqbal Aji Daryono yang menyampaikan tentang “Menulis Esai Populer: Merayakan Ide, Merayakan Bahasa”.

BACA JUGA:Dewan Sebut RKA OPD OKUT Kurang Inovatif dan Copy Paste, Nah Lho...

Beliau memaparkan tentang menariknya menulis dan mempublikasikan tulisan agar dapat dinikmati oleh pembaca.

Serta memahami proses publikasi tanpa melanggar Undang-Undang ITE.

Sesi kedua dibagi dalam seminar akademik paralel yang disajikan oleh pemakalah dari mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.

Kegiatan seminar akademik mahasiswa pun dimoderatori oleh dosen Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBIN).

BACA JUGA:Kebakaran Pasar Cinde, Polisi Sebut Ratusan Lapak Terbakar...

Tercatat jumlah makalah yang dipresentasikan 75 dan terbagi dalam 15 kelompok melalui breakout room zoom conference. (*/rilis)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: humas fkip ut