Selamat! Argentina Juara Piala Dunia 2022 Melalui Drama Adu Penalti

Selamat! Argentina Juara Piala Dunia 2022 Melalui Drama Adu Penalti

Megabintang Argentina, Lionel Messi mengangkat tropi Piala Dunia 2022 usai mengalahkan Prancis via adu penalti. (Foto: Twitter @FIFAWorldCup)--

QATAR, PALPOS.ID - Laga final Piala Dunia 2022 antara Timnas Argentina melawan Prancis yang berlangsung di Lusail Stadium pada Minggu (18/12/2022) malam WIB.

La Albiceleste—julukan timnas Argentina—keluar sebagai juara Piala Dunia 2022 setelah bermain imbang 3-3 dan dilanjutkan dengan adu penalti dengan skor 4-2.

BACA JUGA: Tekuk Maroko 2-1, Kroasia Juara Ketiga Piala Dunia 2022

Sejak kick-off babak pertama, Timnas Argentina mengambil inisiatif menyerang melalui sisi sayap namun masih bisa dimentahkan oleh barisan pertahanan Prancis.

Pada menit ke-21, timnas Argentina akhirnya membuka kran gol usai terjadi pelanggaran yang dilakukan Ousmane Dembele kepada Angel Di Maria, wasit menghadiahkan penalti.

Lionel Messi yang menjadi eksekutor sukses membobol gawang Prancis yang digawangi Hugo Lloris. Skor 1-0 untuk Argentina.

Unggul satu gol, pada menit ke-32 Lionel Messi dkk kembali menebar ancaman melalui Mac Allister melepaskan dengan tembakan jarak jauh, tetapi tidak tepat sasaran.

Selang dua menit berjalan Les Bleus—julukan timnas Prancis-- mencoba membangun serangan tetapi masih dapat dipatahkan barisan pertahanan La Albiceleste.

Pada menit ke-36, Argentina membalas dengan serangan balik yang dimotori Julian Alvarez melepaskan umpan kepada Mac Allister yang bebas di depan lalu diteruskan kepada Di Maria yang berada di kotak penalti.

Winger Argentina itu, dengan tenang dapat membobol gawang ke sudut kanan Hugo Lloris dan berbuah gol. Argentina unggul 2-0.

Pelatih timnas Prancis, Didier Deschamps melakukan pergantian empat pemain. Eduardo Camavinga, Kingsley Coman, Marcus Thuram dan Randal Kolo Muani.

Selepas pergantian, Les Bleus masih belum bisa membobol gawang La Albiceleste. Hingga babak pertama usai, Argentina memimpin menjadi 2-0.

BACA JUGA:Final Piala Dunia 2022 : Lionel Messi vs Kylian Mbappe, Siapa yang Terbaik ?

Selepas jeda, timnas Prancis mencoba tampil agresif untuk menyerang dengan beberapa serangan berbahaya tapi belum membuahkan hasil.

Pada menit ke-80, Prancis melancarkan serangan yang dilakukan oleh Kolo Muani dan dijatuhkan oleh Otamendi dijatuhkan di dalam kotak terlarang Argentina. Wasitpun menunjuk titik putih.

Bomber Paris-saint Germain (PSG), Kylian Mbappe yang maju sebagai eksekutor sukses memperkecil ketertinggalan menjadi 2-1.

Satu menit kemudian atau tepatnya di menit ke-81, Kylian Mbappe yang berhasil lolos dari pengawalan pemain Argentina, akhirnya sukses menyamakan kedudukan menjadi 2-2.

Hingga waktu normal babak kedua berakhir skor 2-2 dan dilanjutkan ke babak extra time.

Pada menit ke-108 perpanjangan waktu, Lionel Messi  langsung memanfaatkan kemelut di depan gawang Hugo Lhoris untuk mencetak gol ketujuhnya.

Sepuluh menit kemudian, Prancis menyamakan kedudukan melalui titik putih. Kylian Mbappe kembali menjadi algojo sukses membobol gawang Emiliano Martinez. Skor pun berubah 3-3.

Hingga babak perpanjang waktu berakhir 3-3 dan dilanjutkan babak tos-tosan.

BACA JUGA:Diduga Korban Tabrak Lari, Balita dan Empat Perempuan Tergeletak di Tengah Jalan

Striker timnas Prancis, Kylian Mbappe menjadi eksekutor pertama sukses menjebol gawang Emiliano Martinez. Dilanjutkan Lionel Messi sukses menyamakan kedudukan 1-1.

Kingsley Coman gagal mengeksekusi golnya usai sepakannya ditepis Martinez.

Paulo Dybala membawa Argentina unggul 2-1 sukses melaksanakan tugasnya dengan mengecoh Lloris.

Penendang ketiga Prancis, Aurelien Tchouameni kembali gagal setelah tendangannya melebar dari gawang Martinez.

Leandro Paredes membawa Argentina menjauh menjadi 3-1. Kuolo Mani sukses memperkecil ketertinggalan menjadi 3-2.

Gonzalo Montiel yang menjadi penendang keempat sukses mengunci kemenangan timnas Argentina menjadi 4-2.

Selamat untuk Argentina dan Lionel Messi dkk. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: