Wow, Ternyata Kabupaten Ini Miliki Terowongan KA Paling Panjang di Sumsel

Wow, Ternyata Kabupaten Ini Miliki Terowongan KA Paling Panjang di Sumsel

Terowongan kereta api di Tebing Tinggi Kabupaten Empat Lawang-foto : padli boy-palpos --

EMPATLAWANG, PALPOS.ID - Siapa sangka ternyata Kabupaten Empat Lawang memiliki terowongan kereta api terpanjang di Sumatera Selatan.

Terowongan kereta api yang berada di Kota Tebing Tinggi ini menjadi bukti sejarah bahwa Kecamatan Tebing Tinggi merupakan Kecamatan yang cukup tua dibandingkan kecamatan lainnya yang ada di Kabupaten Empat Lawang.

BACA JUGA : Terkait Berita Pengadaan Motor, Kepala DPPKB Empat Lawang Protes

Dibangun pada masa Pemerintahan Hindia Belanda, pada tahun 1929 sampai dengan 1930. Terowongan  kereta api ini sampai dengan saat ini masih aktif dan digunakan sebagai jalur kereta api termasuk akses menuju ke Kabupaten Lahat dan sampai ke Kota Palembang.

Dengan memiliki panjang sekitar 424 meter, terowongan ini terletak persis di Talang Banyu Kelurahan Tanjung Kupang, Kecamatan Tebing Tinggi, Sumetara Selatan.

BACA JUGA : Pemkab Empat Lawang Buka Seleksi PPPK Teknis 2022, Anda Berminat?

Selain terowongan Tebing Tinggi, sepanjang Jalur Kereta Api Lubuklinggau-Kertapati terdapat satu  terowongan kereta api lagi yakni terowongan Gunung Gajah Kabupaten Lahat.

Terowongan Gunung Gajah Lahat termasuk dalam wilayah DIVRE III Sumsel dan terletak antara stasiun Lahat dan stasiun Bunga mas, panjang terowongan ini sekitar 368 meter.

BACA JUGA : Terkait Berita Pengadaan Motor, Kepala DPPKB Empat Lawang Protes

"Terowongan Tebing Tinggi di bangun era Hindia Belanda dan sampai saat ini masih aktif digunakan sebagai akses. Terowongan Kereta api menjadi salah satu peninggalan bersejarah di Kota Tebing Tinggi," Ucap Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Empat Lawang Mgs Nawawi. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: