Wow, Tol Betung-Jambi Selesai, Orang Palembang Bisa Sehari Sampai ke Singapura  

Wow, Tol Betung-Jambi Selesai, Orang Palembang Bisa Sehari Sampai ke Singapura   

Salah satu jalan tol yang ada di Provinsi Sumatera Selatan, atau jalan tol Betung-Jambi, yang masih proses penyelesaian.-Palpos.id-Dokumen Palpos.id

PALEMBANG, PALPOS.ID -  Perjalan darat melalui jalan tol memang mempercepat waktu tempuh. Selama ini waktu tempuh jambi-palembang memerlukan waktu sekitar 6 jam hingga 8 jam . Nah apabila tol Jambi tersambung bukan tak mungkin orang Palembang bisa ke Singapura tak perlu naik pesawat lagi.

 

Jika jalan tol betung-jambi selesai dibangun tentunya akan memperpendek jarak tempuh yang biasanya 6 sampai 8 jam akan lebih pendek menjadi lebih kurang 3 jam saja. Tentunya bagi kamu yang suka traveling akan lebih enak karna jarak tempuh akan semakin cepat.

 

Terlebih jika perginya rame-rame, tentu akan bisa lebih hemat dan seru naik jalan tol trans Sumatera, lanjut naik kapal via Kuala Tungkal Jambi menuju Singapura.

 

Mungkin belum banyak yang tahu kalau Jambi punya jarak yang sangat dekat dengan negara tetangga Singapura.  

 

Jika melihat di peta, menarik garis lurus, Jambi dan Singapura itu di peta hanya berjarak sekitar 329 kilometer.

 

Kita coba susun itinerary, panduan perjalanan dari Palembang jalan-jalan ke Singapura naik tol Betung - Jambi. Tentu saja ini bisa dilakukan setelah Jalan tol trans Sumatera rampung tersambung sekitar tahun 2025. 

 

Kita mulai perjalanan dari Kota Palembang,  dari sini kita bersiap menuju Jambi melalui jalan tol Palembang-Betung kemudian lanjut tol Betung - Jambi dengan total jarak sekitar 250 kilometer.

 

Idak Usah ngebut-ngebut, tol ini dalam desain akan banyak melewati jalur lurus, gunakan saja kecepatan rata-rata 80 kilometer per jam, maka waktu yang dibutuhkan sekitar 3,5 jam untuk sampai di Jambi dari  Palembang, termasuk istirahat.

 

Selamat datang di Jambi, pilih pintu exit Bukit Cinto Kenang kemudian melanjutkan perjalanan ke Kuala Tungkal.

 

Kuala Tungkal adalah nama salah satu kabupaten di Provinsi Jambi. Lokasinya tidak begitu jauh dari pintu exit tol Jambi. Sekitar 125 kilometer atau 2,5 jam perjalanan.

 

Sampai di Kuala Tungkal langsung menuju Pelabuhan Roro. Di sini lah kita akan memulai perjalanan melalui jalur sungai untuk menuju ke Kota Batam.

 

Jika ingin membawa serta mobil ke Batam, bisa naik kapal KMP dengan lama perjalanan 17 jam, namun kali ini kita memilih jalur cepat saja, hanya 6-7 jam perjalanan.

 

Mobil bisa dititip saja di Kuala Tungkal, tempat keluarga atau di area sekitar pelabuhan. 

 

Tak perlu lama-lama, perjalanan dari Kuala Tungkal ke Telaga Punggur Batam membutuhkan waktu sekitar 7 jam dengan speed ferry melalui jarak tempuh sekitar 225 Kilometer.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: