3 Destinasi Wisata Yang Wajib Kamu Datangi Jika Berkunjung Ke Kabupaten Ogan Ilir

3 Destinasi Wisata Yang Wajib Kamu Datangi Jika Berkunjung Ke Kabupaten Ogan Ilir

Salah satu tempat destinasi wisata religi yakni Masjid H Bayumi Wahap.--

INDRALAYA, PALPOS.ID -  Kabupaten Munggil nan eksotis dengan panorama pemandangan hamparan rawa atau lebak yang luas memiliki daya tarik tersendiri.

Adalah Kabupaten Ogan Ilir (OI) yang merupakan muara atau pintu Tol Palembang-Kayu Agung-Lampung, Indralaya-Prabumulih, Palembang-Indralaya dan Palembang-Bengkulu.

BACA JUGA:Alhamdulillah! CJH Gagal Berangkat Tahun 2022 Diprioritaskan Tahun Ini

Selain itu, Kabupaten Ogan Ilir Juga dilintasi Jalan Lintas Timur Sumatra Dan Jalan Lintas Tengah Sumatra.

Kondisi geografisnya tersebut menjadikan Kabupaten yang berada di Sumatra Selatan (Sumsel) satu ini menyandang status sebagai kabupaten penyangga kota palembang sebagai ibukota Provinsi Sumsel.

BACA JUGA:Jembatan Rusak Diduga Akibat Truk Angkut Material Tol Indra-Prabu, Kadin PUPR OI Angkat Bicara

Disamping menjadi kota penyangga Palembang sebagai Ibukota Provinsi, ternyata Kabupaten Ogan Ilir juga memiliki banyak destinasi wisata.

BACA JUGA:Di Panggil Komisi III DPRD OI Soal Jembatan Desa Sejaro Sakti Yang Rusak, Begini Tanggapan Pihak Tol HK Aston

Berikut adalah 3 destinasi wisata yang ada di Kabupaten Ogan Ilir yang wajib banget kamu datangi jika berkunjung ke sana.

1. Danau Telok Seruo atau Danau Kupu-Kupu

Danau Telok Seruo merupakan danau buatan yang berada di sudut kota Indralaya. Luasnya sekitar 10 hektar yang dipercantik dengan taman buatan, berbagai macam permainan anak-anak pondokan dan bangku trmpat bersantai.

Taman ini juga dilengkapi dengan track Joging sebagai sarana olahraga. Dan yang teroenting untuk masuk ke taman ini tidak di pungut biaya alias gratis.

Danau Telok Seruo juga sering disebut Danau Kupu-Kupu. Itu karen disorot atau di ambil gambar dari atas dengan ketinggian tertentu maka pemandangan atau bentuk danau tersebut sangat mirip dengan kupu-kutu dengan dua sayap lebarnya.

Keberadaanya tepat bersebelahan dengan Komplek Perkantoran Terpadu (KPT) Tanjung Senai Indralaya milik Pemkab Ogan Ilir (OI).

Jaraknya hanya berkisar 35 kilometer dari kota Palembang melalui Jalan lintas Timur Palembang-Lampung.

Diperjalanan kesana kita akan disuguhkan dengan pemandangan rawa di sisi kiri dan kanan jalan. Jika kamu beruntung kamu akan melihat sekelompok kerbau rawa lengkap dengan burung pangau di punggungnya.

Selian itu, kamu juga akan melintasi jembatan Pesona Tanjung Senai yang merupakan ikonik kebangaan masyarakat Kabupaten Ogan Ilir.

2. Kampung Warna Warni atau Desa Ekowisata Burai

Desa Ekowisata Burai merupakan destinasi wisata buatan yang mengacu kepada tingkat kreatifitas dan kerjasama warga sehingga menghasilkan keindahan yang luar biasa dan berhasil menarik para wisatawan.

Destinasi Wisata Ekowisata Burai berada di Kecamatan Tanjung Batu Kabupaten Ogan Ilir. Sekitar 15 menit dari ibukota kabupaten Indralaya.

Desa Ekowisata Burai juga sering di sebut sebagai Destinasi Wisata Kampung Warna Warni. Hal itu karrna setiap rumah didesa tersebut di cat dengan menggunakan berbagai jenis warna sehingga menghasilkan sebuah pemandangan yang sangat mengagumkan.

Perpaduan warnawarni rumah warga tersebut berpadu satu dengan suasana alam yang indah dan asri.

Pengunjung dapat menikmati alam sekitar dengan cara melakukan susur sungai kelekar yang ada di desa tersebut dengan perahu yang telah disiapkan.

Selain itu destinasi wisata satu ini dilengkapi dengan berbagai kerajinan tanggan dan berbagai jenis makanan khas yang adapat dijadikan sebagai oleh-oleh seperti halnya songket atau kerajinan berbagai jenis anyaman yang terbuat dari purun.

Karena kemolekan dan keindahanya Kampung Warna Warni Desa Burai telah beberapa kali menyabet penghargaan bahkan ditingkat nasional. Diantaranya sebagai juara II Ajang Pesona Indonesia (API) Aword pada tahun 2020 sebagai ekowisata terpopoler.

Terakhir bahkan Desa Wisata Ekowisata Burai menyabet juara juara V sebagai desa ekowisata terbaik kategori clieanliness, Health, Safety, and Environmental Sustainability (CHSE) dalam ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021.

Bahkan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparagraf) Indonesia Sandiaga Uno pernah mengunjungi Destinasi Ekowisata tersebut.

3 Masjid Bayumi Wahap

Selain terkenal sebagai kota santri karena banyak melahirkan Qori, Qoria dan Da'i yang unggul dan berkompeten Kabupaten Ogan Ilir juga memiliki destinasi wisata religi yakni Masjid H Bayumi Wahap.

Masjid yang terletak tepat disisi jalan Lintas Timur Sumatra yang berada di Desa Tanjung Sejaro, Kecamatan Indaralaya, Ogan Ilir ini memiliki pemandangan yang mengesankan.

Selain arsitekturnya yang indah dan megah, halaman Mesjid H Bayumi Wahap juga luas, rindang dan tertata rapi. Selain itu toilet dan tempat wudhunya luas, bersih dan wangi.

Kemegahan bangunan masjid tampak nyata ketika memasuki Areal Masjid. Banguan Masjid berdiri di lahan seluas 1 hektar. Dibagian depan berdiri kokoh menara setinggi 28 meter. Juga terdapat rerumputan yang terhampat bak karpet hijau dihalaman Mesjid.

Masjid ini merupaka  wakap soudagar kaya di era Orde lama yang berasal dari Palembang Bayumi Wahap. Pembangunan mesjid itu direalisasikan oleh putra putri beliau yang merupakan kampung halaman istrinya.

Itulah tiga destinasi wisata yang wajib banget kamu kunjungi bila kamu berkunjung di Kabupaten Ogan Ilir.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: