Indonesia Masters 2023: Dibekuk Wakil China, Fajar/Rian Gagal Pertahankan Gelar

Indonesia Masters 2023: Dibekuk Wakil China, Fajar/Rian Gagal Pertahankan Gelar

Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto gagal melaju ke semifinal Indonesia Masters 2023 setelah dikalahkan Liu Yu Chen/Ou Xuan Yi dari China.-Foto: PBSI-

JAKARTA, PALPOS.ID - Ganda putra Indonesia, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto gagal mempertahankan gelar Indonesia Masters, menyusul kekalahan dari Liu Yu Chen/Ou Xuan Yi dari China.

Laga yang berlangsung di Istora Senayan, Jakarta pada Jumat 27 Januari 2023. Fajar/Rian kalah dengan rubber game, 21-11, 13-21, 23-25 dalam tempo 78 menit.

Usai pertandingan, ganda putra peringkat satu dunia itu mengungkapkan telah tampil semaksimal mungkin.

"Untuk hasilnya sendiri memang belum yang terbaik ya, tapi kami sudah coba semaksimal mungkin dan memberi yang terbaik. Kami patut bersyukur tapi ya masih banyak evaluasi yang harus dilakukan," kata Rian.

BACA JUGA:Indonesia Masters 2023: Jonatan Melaju, Chico Tantang Nga Ka Long Angus di Semifinal

Keberhasilan Fajar/Rian mengemas keunggulan pada gim pertama sayangnya tak berlanjut hingga dua gim selanjutnya. Rasa lelah setelah bertanding selama tiga pekan berturut-turut mulai menunjukkan pengaruhnya pada penampilan mereka.

Sebelum tampi di Jakarta, Fajar/Rian terlebih dulu tampil di Malaysia Open (BWF Super 1000) dan India Open (BWF Super 500). Namun mereka enggan menjadikan faktor kelelahan sebagai alasan merosotnya penampilan mereka di turnamen kandang.

"Kalau lelah sih pasti ya, tapi semua pemain juga ikut tiga turnamen. Pasti mereka juga merasa lelah dan itu tidak jadi alasan bagi kami," Rian menuturkan.

Secara teknik, kemampuan pertahanan Liu/Ou patut diacungi jempol. Meski bermain di tengah riuh dukungan lawan, namun pasangan asal China itu mampu menjaga konsentrasi dan konsistensi permainan.

BACA JUGA:Rekap Indonesia Masters 2023: Banyak Kejutan, 9 Wakil Indonesia Melenggang ke Perempat Final

"Mereka di poin-poin terakhir punya pertahanan yang tidak gampang mati. Kami harus benar-benar pintar memanfaatkan momentum. Di poin-poin terakhir kami agak sedikit kehilangan peluang," ungkap Rian.

Dengan kekalahan Fajar/Rian, maka ganda putra Indonesia menyisakan pasangan Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin hingga babak semifinal. Namun mereka akan menghadapi lawan berat yaitu ganda putra Jepang Takuro Hoki/Yugo Kobayashi, yang lebih dulu menyingkirkan Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri di perempat final.

Di pertandingan sebelumnya, Fajar/Rian melaju ke babak perempat final usai menantang penakluk, Marcus/Kevin pada perempat final Indonesia Masters 2023.

BACA JUGA:Indonesia Masters 2023: Kalahkan Pramudya /Yeremia, Begini Kata Fajar/Rian

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: antara