Usul Bentuk Daerah otonomi Baru Kabupaten Kepulauan Bangka Utara Pemekaran Kabupaten Bangka

Usul Bentuk Daerah otonomi Baru Kabupaten Kepulauan Bangka Utara Pemekaran Kabupaten Bangka

Rencana pemekaran Kabupaten Bangka dengan membentuk Kabupaten Kepulauan Bangka Utara dengan sumber PAD Pelabuhan Belinyu.-Palpos.id-Dokumen Palpos.id

BANGKA BELITUNG, PALPOS.ID – Ternyata di Provinsi Bangka Belitung atau Babel juga menginginkan adanya pemekaran Kabupaten.

Sesuai aspirasi masyarakat yakni usul bentuk daerah otonomi baru Kabupaten Kepulauan Bangka Utara pemekaran Kabupaten Bangka.

Bahkan, rencana pembentukan Kabupaten Kepulauan Bangka Utara ini sendiri sudah disetujui seluruh fraksi di DPRD Provinsi Babel.

Pihak Pemprov Babel juga menyatakan sudah siap bentuk Kabupaten Kepulauan Bangka Utara tersebut sejak tahun 2020 yang lalu.

BACA JUGA:3 Provinsi Bakal Bentuk Provinsi Sumatera Tengah Sama dengan Provinsi Sumselbar Pemekaran Provinsi Sumsel...

BACA JUGA:Bakal Bentuk 3 Provinsi Baru Pemekaran Provinsi Sumatera Utara, Ini Rencana Nama Daerah Otonomi Baru Itu...

Hanya saja saat ini masih terganjal moratorium daerah otonomi baru atau DOB yang belum dicabut dari Pemerintah Pusat.

Disisi lain, upaya pembentukan Kabupaten Kepulauan Bangka Utara itu yakin terealisasi, dengan tujuan untuk pemerataan pembangunan.

Kemudian, ada yang bisa diandalkan sebagai sumber pendapatan asli daerah atau PAD dari daerah otonomi baru itu nantinya.

Sumber PAD dimaksud yaitu pengembangan Pelabuhan Belinyu sebagai pelabuhan ekspor impor di Kabupaten Kepulauan Bangka Utara nantinya.

BACA JUGA:Pemekaran Wilayah Provinsi Jambi Bakal Tambah 2 Kabupaten, Bukan Tambah Provinsi Baru...

BACA JUGA:3 Alasan Kota Lubuklinggau Layak Jadi Ibukota Provinsi Sumselbar Pemekaran Provinsi Sumatera Selatan..

Bahkan, Gubernur Babel saat itu, Erzaldi sempat memperjuangkan Pelabuhan Belinyu sebagai Project Strategis Nasional atau PSN.

Dengan masukannya sebagai PSN, tentu berimbas kepada perekonomian masyarakat, sehingga langkah pembentukan daerah otonomi baru lebih mudah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: