Belasan Ribu Permohonan Paspor ke ASEAN Dilayani Petugas Imigrasi Palembang Kemenkumham Sumsel

Belasan Ribu Permohonan Paspor ke ASEAN Dilayani  Petugas Imigrasi Palembang Kemenkumham Sumsel

Layanan pembuatan Pasport di kantor Imigrasi Palembang. Foto ist--

Palembang, Palpos.ID - Kantor Imigrasi Kelas I Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Palembang, Kanwil Kemenkumham Sumatera Selatan selama kwartal pertama Januari-April 2023 melayani belasan ribu permohonan pembuatan paspor untuk perjalanan ke negara-negara kawasan ASEAN.

"Berdasarkan data empat bulan terakhir dilayani sekitar 19.000 lebih permohonan paspor baru dan penggantian buku, permohonan paspor tersebut untuk berbagai kepentingan perjalanan ke kawasan ASEAN dan terbanyak mencapai 13.048 orang untuk ke Singapura dan Malaysia," kata Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Palembang Mohammad Ridwan di Palembang, Kamis.

Dia menjelaskan, permintaan pembuatan paspor tersebut sebagian besar dari Kota Palembang, Prabumulih, Kabupaten Ogan Ilir, Ogan Komering Ilir, Banyuasin, dan Kabupaten Musi Banyuasin.

BACA JUGA:Wacana Bentuk 3 Kabupaten dan Kota Daerah Otonomi Baru Pemekaran Kabupaten Kutai Kartanegara Provinsi Kaltim

Jenis paspor yang diajukan pemohon sebagian besar atau mencapai 15.091 orang membuat paspor biasa dan 3.799 orang membuat paspor elektronik (e-Passport). Permohonan pembuatan paspor biasa dan elektronik dalam empat bulan terakhir 2023 ini berfluktuasi.

Perincian permohonan pembuatan paspor biasa pada Januari 2023 sebanyak 4.997 orang, Februari 4.659 orang, Maret 3.874 orang, dan April 2023 lebih dari 2.000 orang.

Sedangkan perincian permintaan pembuatan paspor elektronik pada Januari 2023 sebanyak 962 orang, Februari 1.191 orang, Maret 1.083 orang, dan April 2023 sekitar 600 orang, kata Ridwan.

BACA JUGA:Usung Slogan Metal, PDIP Datangi KPU Ogan Ilir

Sementara Kepala Seksi Lalu lintas Keimigrasian Kantor Imigrasi Kelas I TPI Palembang Adeb Yoenoes menambahkan pelayanan pembuatan paspor tersebut dilakukan melalui pelayanan reguler di loket pelayanan dan pengembangan inovasi layanan. 

Pengembangan inovasi layanan itu seperti pelayanan di tempat pemohon secara kolektif atau jemput bola menurunkan tim unit layanan keliling 'Layanan Keimigrasian On The Spot (Lakso)', kata Adeb. 

Sementara beberapa waktu lalu pejabat Kantor Wilayah Kemenkumham Sumsel menerima arahan Sekjen Kemenkumham Andap Budhi Revianto untuk melakukan persiapan menyambut KTT ke-42 ASEAN di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur pada 9-11 Mei 2023. 

BACA JUGA:Daftar Bacaleg, Dipe Anom : Target Kami Minimal 20 Persen Kursi di DPRD Prabumulih

Kakanwil Kemenkumham Sumsel Ilham Djaya menjelaskan bahwa Sekjen Kemenkumham memberikan arahan kepada seluruh Kakanwil dan jajaran di Tanah Air terkait dengan pelaksanaan KTT ASEAN 2023.

ASEAN (Association of Southeast Asian Nations) adalah perhimpunan bangsa-bangsa di wilayah Asia Tenggara, sebagai wadah kerja sama bagi 10 negara anggota ASEAN.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: