2 Provinsi Baru di Pulau Sumatera Segera Terwujud Setelah Moratorium DOB Dicabut Pemerintah Pusat

2 Provinsi Baru di Pulau Sumatera Segera Terwujud Setelah Moratorium DOB Dicabut Pemerintah Pusat

Inilah 2 dari provinsi baru di Pulau Sumatera yang akan segera twerwujud setelah moratorium DOB dicabut Pemerintah Pusat.-Palpos.id-Dokumen Palpos.id

Pengajuan draf usulan pembentukan Provinsi Aceh Barat Selatan ini rencananya akan disampaikan ke pemerintah pusat tahun 2008.

Namun sempat tertunda dan baru terlaksana tanggal 11 Desember tahun 2019.

BACA JUGA:Wacanakan 2 Kabupaten Daerah Otonomi Baru di Provinsi Sulawesi Selatan, Termasuk Persiapan Pemekaran Provinsi

BACA JUGA:2 Wacana Bentuk Provinsi Daerah Otonomi Baru Pemekaran Provinsi Sulawesi Utara, Nama Provinsi Susah Disebut

Juru bicara Komite Persiapan Pemekaran Provinsi Aceh Barat Selatan, Fatri Ali dalam suatu kesempatan berharap Presiden Jokowi menyetujui wacana pemekaran Provinsi Aceh Barat Selatan.

Dia juga ingin Presiden Jokowi memberikan perhatian ke Aceh layaknya perhatian ke Papua.

“Pemerintah harus memberikan perhatian yang sama kepada seluruh daerah dari Sabang sampai Merauke,” kata Fatri Ali seperti dikutip chanel youtube daftar fakta unik.

Sejumlah tokoh Aceh terus berjuang untuk mewujudkan pembentukan Provinsi Aceh Barat Selatan.

BACA JUGA:Pemekaran Provinsi Sulawesi Selatan Bakal Bentuk 2 Provinsi Daerah Otonomi Baru, Sekaligus Pemekaran Kabupaten

BACA JUGA:Usul Bentuk 6 Provinsi Daerah Otonomi Baru di Pulau Sulawesi, Salahsatunya Wacana Provinsi Sulawesi Timur...

Bahkan Ketua Komite Pelaksana Pembentukan Provinsi Aceh barat Selatan Cut Agam menerima kunjungan sejumlah tokoh pemekaran Provinsi Aceh barat Selatan di kediamannya pada Tanggal 25 Oktober tahun 2020.

Dalam pertemuan itu mereka membahas langkah dan tahapan untuk percepatan proses pemekaran provinsi di wilayah pantai barat selatan Aceh.

Rencananya juga ada enam kabupaten yang akan bergabung dalam provinsi ini yakni Kabupaten Aceh Jaya, Kabupaten Aceh Barat, Kabupaten Nagan Raya, Kabupaten Aceh Barat Daya Kabupaten Aceh Selatan dan Kabupaten Simeulue.

Ibukota Provinsi direncanakan berada di Aceh Barat. Total luas wilayah yakni 17.488,34 kilometer persegi. Sedangkan total jumlah penduduk berdasarkan data tahun 2021 adalah 946.640 jiwa.

BACA JUGA:Kalbar Ideal Dimekarkan Menjadi 3 Provinsi, Ini yang Dilakukan Gubernurnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: