2 Provinsi Baru di Pulau Sumatera Segera Terwujud Setelah Moratorium DOB Dicabut Pemerintah Pusat

2 Provinsi Baru di Pulau Sumatera Segera Terwujud Setelah Moratorium DOB Dicabut Pemerintah Pusat

Inilah 2 dari provinsi baru di Pulau Sumatera yang akan segera twerwujud setelah moratorium DOB dicabut Pemerintah Pusat.-Palpos.id-Dokumen Palpos.id

BACA JUGA:Pemekaran Provinsi Sulawesi Tenggara Bentuk Provinsi Kepulauan Buton dan 5 Daerah Otonomi Baru...

Beberapa tahun terakhir wacana pembentukan provinsi baru di pulau Sumatera kembali mencuat. Bahkan ada 8 wacana pembentukan provinsi baru yang diangkat ke permukaan.

Pertama wacana pembentukan Provinsi Aceh Leuser Antara. Kurang harmonisnya komunikasi antara elit politik di aceh membuat wacana pembentukan Provinsi Aceh Leuser Antara yang sepat mereda kembali mengemuka.

Isu ketimpangan dalam pembangunan antara wilayah pesisir dan wilayah tengah dihembuskan sehingga menjadi pemantik upaya memekarkan diri.

Sejumlah tokoh yang tergabung dalam organisasi kemasyarakatan berjuang untuk mewujudkan wacana pembentukan Provinsi Aceh Leuser Antara.

BACA JUGA:Wow! Biaya Hotel Pejabat Provinsi Sumatera Selatan Rp5.85 Juta Per Orang Per Malam

BACA JUGA:Sejak 2018 Wacanakan Bentuk Kabupaten Daerah Otonomi Baru Pemekaran Kabupaten Minahasa Provinsi Sulawesi Utara

Mulai dari Persatuan Pemuda Gayo, tokoh wilayah, serta pimpinan 6 daerah yang akan bergabung dalam Provinsi Aceh Leuser Antara.

Bahkan pada tahun 2020 lalu bupati dan wakil bupati serta anggota DPRD dari enam kabupaten yang akan bergabung dalam pembentukan Provinsi Aceh Leuser Antara menggelar pertemuan di Medan dan sepakat memperjuangkan pembentukan provinsi baru.

Enam kabupaten/kota yang menyatakan kesiapan bergabung untuk membentuk provinasi baru meliputi Kabupaten Aceh Tengah, Kabupaten Bener Meriah, Kabupaten Gayo Luwes, Kabupaten Aceh Tenggara, Kabupaten Aceh Singkil dan Kota Subulussalam.

Calon lokasi ibu kota provinsi direncanakan berada di Kota Subulussalam atau di Kecamatan Aceh Singkil Kabupaten Aceh Singkil.

BACA JUGA:Wacana Bentuk 2 Kota Daerah Otonomi Baru Pemekaran Kabupaten Minahasa Tenggara Provinsi Sulut

BACA JUGA:Selain Bentuk 2 Provinsi, Provinsi Sulawesi Utara Wacanakan Pemekaran 7 Kabupaten dan Kota Daerah Otonomi Baru

Total luas wilayah 19.299,49 kilometer persegi dengan total jumlah penduduk berdasarkan data Badan Pusat Statistik tahun 2021 adalah 929.470 jiwa.

Wacana pembentukan provinsi baru di pulau Sumatera selanjutnya adalah usulan pembentukan Provinsi Aceh Barat Selatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: