Mau Hati Tentram dan Damai, Bersedekahlah!

Mau Hati Tentram dan Damai, Bersedekahlah!

ilustrasi sedekah--

Banyak manfaat sedekah yang dijanjikan Allah SWT sebagai balasan atas perbuatan baik bagi seeorang yang melakukannya, beberapa di antaranya yakni:

1. Dapat menghapus dosa 

Rasulullah SAW memberikan contoh salah satu manfaat sedekah salam sebuah hadist. Rasulullah SAW bersabda,’’ Sedekah dapat menghapus dosa sebagaimana air memadamkan api.’’ (HR Tarmidzi, di shahihkan Al Albani dalam Shahih At Tirmidzi, 614).

BACA JUGA:Curi Burung, Residivis Curanmor Kembali Masuk Bui

Diampuninya dosa karena bersedekah tentu harus dibarengi dengan taubat atas dosa yang dilakukan.

Setelah hal tersebut dilakukan dengan baik, maka tinggal berserah diri kepada Allah SWT atas segala amalan baik yang dilakukan, termasuk sedekah. 

2. Mendapatkan syafaat

Orang yang bersedekah akan mendapatkan syafaat atau naungan di hari akhir, Rasulullah SAW menceritakan tentang 7 jenis manusia yang mendapat naungan di suatu hari yang ketika itu tidak ada naungan lain selain dari Allah SAW, yaitu hari akhir. 

Dalam sebuah hadist, Rasulullah SAW bersabda, ‘’seorang yang bersedekah dengan tangan kananya, ia menyembunyikan amalnya itu sampai-sampai tangan kirinya tidak mengetahui apa yang sedang disedekahkan oleh tangan kanananya.’’ (HR Bukhari) 

BACA JUGA:Warga Senda Mukti Ditemukan Meninggal Dalam Kondisi Terikat, Ini Dugaannya..

3. Memberi keberkahan pada harta 

Jika dihitung secara matematis, mengeluarkan sesuatu berarti akan mengurangi sesuatu. Namun itu tidak berlaku saat bersedekah. 

Rasulullah SAW bersabda:’’harta tidak akan berkurang dengan sedekah. Dan seorang hamba yang pemaaf pasti akan Allah tambahkan kewibawaan baginya.’’ (HR Muslim).

Sebagai salah satu manfaat sedekah, dalam Syarh Shahih Muslim, An Nawawi menjelaskan: ‘’Para ulama menyebutkan bahwa yang dimaksud di sini mencakup 2 hal yaitu; hartanya diberkahi dan dihindarkan dari bahaya. 

BACA JUGA:Bukan Hanya Memperdalam Agama, WBP Lapas Sekayu Dilatih Bikin Kursi dan Meja Rotan

4. Menjadi bukti keimanan

Manfaat sedekah bukan hanya akan dirasakan oleh penerimanya saja, tetapi juga oleh orang yang bersedekah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: orami.co.id