Kolektor Mobil Antik, Mobil Jadul Datsun GN620 Pick Up Ini Cocok Jadi Koleksi, Buruan Dibeli..

Kolektor Mobil Antik, Mobil Jadul Datsun GN620 Pick Up Ini Cocok Jadi Koleksi, Buruan Dibeli..

Datsun GN620 pick-up yang jadi incaran para kolektor mobil antik. --Foto:  ig andigondronk.

PALEMBANG, PALPOS.ID- Datsun yang kita kenal sekarang ini adakah mobil kelas LCGC dengan dengan desain khas mobil masa kini dan dapur pacu 1,0 liter 3 silinder. 

Varian yang kita kenal ada 2 yaitu varian dengan 7 penumpang (Datsun Go+ Panca) dan 4 penumpang  (Datsun Go). Dan dibuat oleh pabrikan Nissan di India.

Tapi tahukah anda di tahun 1970 an pernah beredar Datsun GN620  kelas niaga atau pick-up. Mobil tersebut bersaing ketat dengan mobil Toyota HiLux  TN pick-up  gen 1 dan gen 2 yang pernah mengaspal di jalanan Indonesia. 

BACA JUGA:Raih ISO 22301, Bank Mandiri Pastikan Kehandalan Operasional Bisnis Berstandar Internasional dan Prinsip ESG

Pada saat itu pengguna Datsun GN620 pick-up jadi pilihan para pengusaha angkutan karena mesin yang bandel serta minim perawatan, struktur body yang kuat, dan kaki-kaki yang nyaman serta stabil dikendarai. 

Mobil ini jadi pilihan pengusaha jasa angkutan, bahkan beberapa instansi pemerintah pernah juga memakai mobil ini sebagai sarana operasional.

Ciri khas dari Datsun GN620 ini persis di knob pengunci pintu mobil pada sisi luar terdapat lekukan yang oleh Nissan sebagai Wing line atau Bullet Side dan emblem Datsun 1500 (sasis panjang) dan Datsun 1300 ( sasis pendek ) dekat fender depan. 

BACA JUGA:9 Kecamatan Gabung Kota Purwokerto Daerah Otonomi Baru Pemekaran Kabupaten Banyumas Provinsi Jawa Tengah

Pada grile depan  juga terdapat emblem Datsun dengan latar belakang garis biru dan merah. Menggunakan spion tanduk yang sama persis dengan versi Jepang.

Penempatan 2 lampu depan menyatu dengan grile yang menjadi ciri khas Datsun GN620

Mesin yang di gendong Datsun GN620 ada dua versi untuk Datsun 1500  menggunakan mesin berkode J15 dengan kubikasi mesin 1,5 liter 4 silinder OHV dengan sistem pengkabutan BBM menggunakan karburator  menghasilkan tenaga 76 hp.

BACA JUGA:Ada yang Keliru Penetapan Hari Jadi Kota Palembang, Sejarahwan Sebut Bukan 17 Juni

Mesin 1300 menggunakan kode J13 berkubikasi 1,3 liter 4 silinder OHV  dengan sistem pengabutan BBM menggunakan karburator juga menghasilkan tenaga 67 hp.

Penggunaan transmisi 4 percepatan manual yang tongkat transmisi terletak dekat setir mobil mirip Mitsubishi Colt L-300.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: