Ekplore Teluk Wondama, Surga Wisata di Provinsi Papua Barat yang Bakal Menggeser Raja Ampat

Ekplore Teluk Wondama, Surga Wisata di Provinsi Papua Barat yang Bakal Menggeser Raja Ampat

Teluk Wondama Surga Tersembunyi di Provinsi Papua Barat Kini Bergaung Provinsi Papua Barat Tengah.-Palpos.id-Foto : Tangkapan Layar Youtube @disapbur teluk wondama

Secara geografis Kabupaten Teluk Wondama  berada di dataran besar Pulau Papua.

Sebagian merupakan pulau-pulau dan sebagian lainnya perairan. 

Sebagian besar wilayahnya masih tertutup hutan Merbau, Matoa, kayu indah, rotan, gaharu, masoi, bambu, kayu lawang, sagu, dan lainnya. 

Luas kabupaten ini secara keseluruhan sekitar 4.996 Km2 dengan jumlah penduduk 22.293 jiwa (sumber website Papua Barat) yang tersebar dalam 13 distrik dan 56 kampung. 

Keindahan dan kekayaan alamnya dan bagian dari kawasan Taman Nasional Teluk Cenderawasih  sangat potensial menjadi tujuan wisata.  

Taman Nasional Teluk Cendrawasih merupakan taman nasional perairan laut terluas di Indonesia, terdiri dari daratan dan pesisir pantai (0,9 persen), daratan pulau-pulau (3,8 persen), terumbu karang (5,5 persen), dan perairan lautan (89,8 persen).

Potensi karang Taman Nasional Teluk Cendrawasih tercatat 150 jenis dari 15 famili, dan tersebar di tepian 18 pulau besar dan kecil. 

Taman Nasional Teluk Cendrawasih terkenal kaya akan jenis ikan. 

Tercatat kurang lebih 209 jenis ikan penghuni kawasan ini diantaranya butterflyfish, angelfish, damselfish, parrotfish, rabbitfish, dan anemonefish.

Keberadaan Taman Nasional Teluk Cendrawasih ini siap menggeser kemahsyuran Raja Ampat.

Berikut destinasi wisata yang indah di Teluk Wondama :

1. Pantai Pasir Panjang 

Pantai ini memiliki pasir kuarsa putih, tidak berkarang, dan panjangnya mencapai 6.000 meter. 

Di kawasan perairan ini dapat dilakukan berbagai kegiatan, seperti: snorkeling, scuba diving, selancar angin, ski air, dan memancing. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: