Ekplore Teluk Wondama, Surga Wisata di Provinsi Papua Barat yang Bakal Menggeser Raja Ampat

Ekplore Teluk Wondama, Surga Wisata di Provinsi Papua Barat yang Bakal Menggeser Raja Ampat

Teluk Wondama Surga Tersembunyi di Provinsi Papua Barat Kini Bergaung Provinsi Papua Barat Tengah.-Palpos.id-Foto : Tangkapan Layar Youtube @disapbur teluk wondama

Kegiatan lain yang dapat dilakukan adalah pengamatan burung  elang laut dan satwa khas lainnya,   seperti kuskus.

2. Pulau Nusoni

Terletak di sebelah barat laut Pulau Rumberpon. 

Pulau kecil seluas 4 Ha ini dikelilingi perairan dangkal yang penuh dengan terumbu karang dan berbagai jenis ikan hias.

3. Pulau Nukusa

Terletak di sebelah selatan dan tidak jauh dari Pulau Rumberpon. 

Perairan pulau ini merupakan tempat diving yang indah. 

Air lautnya biru jernih dan memiliki terumbu karang yang unik dan indah yang terlihat jelas hingga kedalaman 6 – 8 meter melekat pada substrat zona lereng terumbu (reef slope), seperti: Astroba granulatus, Acropora tabulate, dan lain-lain.

4. Pulau Mioswar

Pulau ini memiliki sumber air panas yang mengandung belerang tanpa kadar garam dan mengalir ke pantai yang berjarak sekitar 300 meter dari sumber air panas. 

Di pulau ini juga terdapat gua bersejarah peninggalan masyarakat Numfor dimana didalamnya terdapat – antara lain  tengkorak manusia, piring-piring antik, dan peti berukir.

5. Cagar Alam Wondiboy

Pegunungan Wondiboy merupakan salah satu cagar alam cukup luas di kabupaten teluk Wondama, Papua Barat mencapai 73.022 hektare. 

Data Dinas Kehutanan Papua Barat 2007 menyebutkan, lokasi ini rumah bagi puluhan spesies burung, seperti burung endemik Astrapia nigra, Parotia sefilata, Amblyornis inornatus, Melipotes gymnops dan Rallicula leucopsila,termasuk sekitar 16 jenis marsupialia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: