Ekplore Teluk Wondama, Surga Wisata di Provinsi Papua Barat yang Bakal Menggeser Raja Ampat

Ekplore Teluk Wondama, Surga Wisata di Provinsi Papua Barat yang Bakal Menggeser Raja Ampat

Teluk Wondama Surga Tersembunyi di Provinsi Papua Barat Kini Bergaung Provinsi Papua Barat Tengah.-Palpos.id-Foto : Tangkapan Layar Youtube @disapbur teluk wondama

6. Air Terjun Kali Wanayo 

 Merupakan salah satu obyek wisala alam di kabupaten wondama yang menyajikan panorama air terjun yang deras dan menyegarkan bila beredam disini.

7. Batu Peradaban

Merupakan obyek wisata religi yang berada di distrik Aitumeri, Wondama. 

Di sinilah awal orang Kristen diajar dan didik mengenal tulisan dan Injil. Batu Peradaban ini  diletakkan oleh Pdt. I.S. Kijne dengan pesannya:

“Di atas batu ini, saya meletakkan peradaban orang Papua. Sekalipun orang memiliki kepandaian tinggi, akal budi dan marifat tetapi tidak dapat memimpin bangsa ini, bangsa ini akan bangkit dan memimpin dirinya sendiri” (Wasior, 25 Oktober 1925). 

Pesan religius Kijne selaku Bapak Peradaban orang Papua ini memiliki makna bahwa orang Papua akan tampil sebagai pemimpin di atas tanahnya sendiri. 

Selain Batu Peradaban, di Miei juga ada Batu Inspirasi. 

Menurut kepercayaan masyarakat setempat, kalau orang naik ke atas batu dan melihat alam indah di Wondama, dari situ muncul berbagai inspirasi untuk melakukan perubahan baru.

Itulah eksplore Kabupaten Teluk Wondama yang merupakan surga wisata di Provinsi Papua Barat. ***

  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: