Peringatan HLHS Ke-50 Tahun 2023, Herman Deru Ajak Seluruh Elemen Masyarakat Kurangi Limbah Sampah Plastik

Peringatan HLHS Ke-50 Tahun 2023, Herman Deru Ajak Seluruh Elemen Masyarakat Kurangi Limbah Sampah Plastik

Peringatan HLHS Ke-50 Tahun 2023, Herman Deru Ajak Seluruh Elemen Masyarakat Kurangi Limbah Sampah Plastik.--Humas Kominfo Sumsel

PALEMBANG, PALPOS.ID -  Butuh literasi dan waktu untuk menahami dan menyadari akan pentingnya kelestarian lingkungan, baik alam maupun produk-produk sampah yang dihasilkan oleh penghuni bumi.

Gubernur Sumsel H Herman Deru pada peringatan  Hari Lingkungan Hidup Sedunia (HLHS) Tahun 2023 yang dipusatkan di Taman Purbakala Kerajaan Sriwijaya, Rabu (19/7), mengajak semua elemen masyarakat untuk lebih peduli terhadap kelestarian lingkungan. Dimana pada peringatan HLHS ke 50 yang fokus pada plastik. 

Menurutnya tidak hanya Indonesia tapi di belahan dunia ini juga banyak sekali bermasalah dengan sampah  plastik.

BACA JUGA:Rayakan Tahun Baru Islam, Desa Penyandingan Gelar Sunatan Massal dan Pengobatan Gratis

Salah satu cara mengatasinya  yakni menanamkan rasa  kepedulian pada kelestarian lingkungan dengan  mendaur ulang atau pemanfaatkan kembali limbah plastik.

"Bagaimana cara agat  sampah plastik ini tidak menjadi ancaman bagi kelestarian alam. Salah satunya dengan cara  mendaur ulang," paparnya.

Karena itu dirinya mengajak seluruh masyarakat untuk peduli, kalangan orang tua harus memberikan contoh dengan menanamkan sejak dini kepada anak-anaknya dengan literasi yang benar terhadap penanganan limbah rumah tangga atau sampah.

BACA JUGA:Pemekaran Kabupaten Pandeglang Provinsi Banten, 7 Kecamatan Gabung Daerah Otonomi Baru Kabupaten Caringin

"Kepedulian ini perlu ditanamkan sejak dini. Dilakukan terus menerus mulai dari dalam rumah tangga, sekolah dan lingkungan sekitar. Jika ini kita lakukan secara masif maka akan tertanam kesadaran begitu pentingnya kelestarian alam dari ancaman sampah berbahaya khususnya sampah plastik," tambahnya. 

Herman Deru mengapresiasi jajaran Dinas Lingkungan Hidup  Provinsi Sumsel yang telah menggelar peringatan HLHS.

Sekaligus memberikan presiasinya  kepada  Kabupaten/Kota, Lembaga dan  perorangan yang telah menerima penghargaan atas kepedulian terhadap lingkungan. 

BACA JUGA:5 Wisata Eksotis Kawasan Pantai Anyer Calon Kabupaten Serang Barat Pemekaran Kabupaten Serang Provinsi Banten

"Penghargaan  bidang lingkungan hidup yang diberikan  bukan hanya kebanggaan  tetapi itu sebagai bagian  ibadah kita dalam menunjukan cinta kita terhadap kelestarian  alam," tutupnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan (DLHP) Provinsi Sumsel H Edward Candra dalam laporannya menyebut pada peringatan HLHS  ke-50 Tahun 202e  mengambil tema "Solusi Untuk Polusi atau Sampah Plastik," jelasnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: