Rayakan Tahun Baru Islam, Desa Penyandingan Gelar Sunatan Massal dan Pengobatan Gratis

Rayakan Tahun Baru Islam, Desa Penyandingan Gelar Sunatan Massal dan Pengobatan Gratis

Kegiatan sunatan massal yang berlangsung di Masjid Darul Mukhlisin, Desa Penyandingan, Kecamatan Teluk Gelam, Kabupaten OKI, Rabu, 19 Juli 2023.--

KAYUAGUNG, PALPOS.ID - Dalam rangka merayakan tahun baru Islam 1 Muharam 1445 H. Desa Penyandingan, Kecamatan Teluk Gelam, Kabupaten OKI menggelar sunatan massal dan pengobatan gratis di Masjid Darul Mukhlisin, Rabu, 19 Juli 2023.

Kades Penyandingan, Septian Syarif mengatakan, acara tersebut merupakan rangkaian kegiatan Ulak Bungor Pestival (UBF) yang telah berlangsung sejak, Selasa, 18 Juli 2023 kemarin.

Menurutnya, pada hari Selasa ada perlombaan untuk para siswa, anak-anak, remaja, dan tingkat dewasa. Seperti membaca surat pendek, membaca Alfatiha, dan juga Azan.

BACA JUGA:BPDP-KS bersama Kementan Beri Pelatihan Kepemimpinan dan Komunikasi pada 25 Petani Sawit OKI Sumsel

"Saat Maghrib, kita sholat Magrib bersama, Doa Awal Tahun, dan Sholawatan. Lalu ada penampilan dari adik-adik hadrah dan monolog Islam. Kemudian pembagian hadiah kegiatan lomba yang dilakukan pada siang hari," ungkapnya.

Ia menambahkan, untuk kegiatan sunatan massal diikuti sekitar 35 anak yang berasal dari Desa Penyandingan dan desa tetangga di Kecamatan Teluk Gelam.

"Sedangan pengobatan gratis diikuti oleh lansia, remaja, dan seluruh masyarakat Desa Penyandingan. Dalam pengobatan gratis yang diperiksa seperti tensi, gula darah, kolestrol, dan lain-lain," ujarnya.

BACA JUGA:Kunjungan ke OKI, Menteri Pertanian Ajak Tingkatkan Produktifitas Kebun Rakyat

Dikatakannya lagi, pelaksanaan kegiatan bekerjasama dengan stakeholder yang ada. Diantaranya, Gerakan Muslimat Indonesia (GMI), Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS), dan Kesra Kabupaten OKI.

"Yang melakukan penyunatan ialah dari GMI, begitu juga dengan pengobatan gratis. Kegiatan ini baru pertama kali dilakukan, khususnya di Desa Penyandingan," tutur Septian.

Masih katanya, kalau di Kecamatan Teluk Gelam seperti di desa-desa tetangga atau desa-desa transmigrasi setiap tahun melaksanakan. Namun, untuk desa pribumi seperti desanya baru pertama kali.

BACA JUGA:Momen Tahun Baru Islam, Kemenag OKI Imbau Perbanyak Instrospeksi Diri

"Acara seperti ini merupakan kegiatan positif untuk masyarakat Penyandingan. Kita ingin mengenalkan kepada anak-anak tentang tahun baru Islam. Hendaknya dirayakan dengan melakukan hal-hal yang positif," imbuhnya.

Lebih lanjut, adanya sunatan massal dan pengobatan gratis dapat meringankan ekonomi masyarakat. Dirinya berharap, kegiatan itu dapat terus berlanjut di tahun-tahun yang akan datang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: