Pemekaran Aceh, Provinsi Aceh Barat Selatan 6 Kabupaten Siap Gabung, Kabupaten Ini Calon Ibukotanya..

Pemekaran Aceh, Provinsi Aceh Barat Selatan 6 Kabupaten Siap Gabung, Kabupaten Ini Calon Ibukotanya..

Pantai Meulaboh yang indah berada di Kabupaten Aceh Barat yang diusulkan jadi ibukota Provinsi Aceh Barat Selatan jika pemekaran provinsi Aceh disetujui pemerintah.--

BANDA ACEH, PALPOS.ID-Selain Provinsi Aceh Lauser Antara, Provinsi baru lainnya yang diusulkan pada pemekaran Provinsi Nangroe Aceh Darussalam adalah Provinsi Aceh Barat Selatan atau ABAS.

Jika Provinsi Aceh Lauser Antara akan ada 5 kabupaten dan 1 kota yang bergabung dengan daerah otonomi baru Provinsi Aceh Lauser Antara, maka pada Provinsi Aceh Barat Selatan akan ada 6 kabupaten yang siap bergabung.

Yakni Kabupaten Aceh Jaya, Kabupaten Simeulue, Kabupaten Aceh Barat, Kabupaten Aceh Selatan, Kabupaten Aceh Barat Daya, dan Kabupaten Nagan Raya.

BACA JUGA:Pemekaran Aceh, Kota Subulussalam Diusulkan Jadi Ibukota Provinsi Aceh Lauser Antara

 

Untuk luas wilayah calon Provinsi Aceh Barat Selatan alias Abas 17.480 kilometer persegi. Atau sekitar 30.5 persen dari luas wilayah provinsi Aceh.

Untuk ibukotanya, rencananya diusulkan Kabupaten Aceh Barat sebagai ibukota Provinsi Aceh Barat Selatan, jika pemekaran disetujui nanti.

Kabupaten Aceh Barat sendiri sebelum pemekaran Aceh Barat memiliki luas wilayah 10.097,04 km2 atau 1.010.466 hektare.

BACA JUGA:Pemekaran Aceh, Ada Provinsi Aceh Barat Selatan dan Aceh Lauser Antara, 11 Kabupaten dan 1 Kota Siap Bergabung

Kabupaten ini di bagian wilayah pantai barat dan selatan Pulau Sumatera yang membentang dari barat ke Timur mulai dari kaki gunung Geurutee sampai ke sisi Krueg Seumayam. 

Memiliki garis pantai sejauh 250 km2. Namun, setelah dimekarkan luas wilayah menjadi 2.927,95 km2. 

Sedangkan Provinsi Aceh Lauser Antara, rencananya ibukota Provinsi Aceh Leuser ini adalah Kota Subulussalam.

BACA JUGA:Selain Usul Pemekaran 2 Provinsi di Aceh, Kabupaten Aceh Raya Harus Terwujud, Ini Alasannya

Luas wilayah Provinsi Aceh Leuser Antara alias Ala nantinya 19.290 kilometer persegi. Atau sekitar 34 persen dari luas wilayah Provinsi Aceh.

Jumlah penduduk calon Provinsi Aceh Leuser Antara 929 ribu jiwa. Atau sekitar 18 persen dari jumlah penduduk Provinsi Aceh saat ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: