Jarang yang Tahu! Asal Usul Nama Kota Tanjung Balai, Calon Ibukota Provinsi Sumatera Timur

Jarang yang Tahu! Asal Usul Nama Kota Tanjung Balai, Calon Ibukota Provinsi Sumatera Timur

Wacana Pembentukan Provinsi Sumatera Timur Pemekaran Sumatera Utara: Mengembalikan Kejayaan Masa Lalu.-Palpos.id-Foto : Tangkapan Layar Youtube @Gembul Rantau

PALEMBANG, PALPOS.ID – Jarang yang tahu, asal usul Kota Tanjung Balai calon ibukota Provinsi Sumatera Timur.

Kota Tanjung Balai tak dapat terpisahkan dengan sejarah kerajaan Asahan di Sumatera Utara yang telah berdiri lebih kurang 392 tahun lalu. 

Asal usul nama Kota Tanjungbalai menurut cerita rakyat bermula dari sebuah balai  di sekitar ujung tanjung di muara Sungai Silau dan aliran sungai Asahan.

Balai tersebut menjadi persinggahan karena berlokasi di tempat yang strategis sebagai bandar kecil di hulu dan hilir Sungai Silau.

Lama kelamaan tempat tersebut kemudian dinamai “Kampung Tanjung” dan orang lazim menyebutnya “Balai di Tanjung”.

Seiring waktu, nama Balai di Tanjung menjadi Tanjung Balai sampai sekarang.

Untuk diketahui, selain usul bentuk tiga Provinsi DOB pemekaran wilayah Provinsi Sumatera Utara ternyata ada wacana satu provinsi baru lagi.

Yaitu wacana daerah otonomi baru Provinsi Sumatera Timur pemekaran Provinsi Sumatera Utara atau Sumut.

Usulan pembentukan Provinsi Sumatera Timur ini bukan tanpa alasan, meskipun moratorium DOB belum dicabut Pemerintah Pusat. Sebab, selain karena aspirasi warga dan tokoh masyarakat, juga ada sejarah masa lalu.

Dimana, Sumatera Timur itu pernah berdiri tahun 1947-1950 dan namanya masih Negara Sumatera Timur sebagai bagian Republik Indonesia Serikat atau RIS.

Ketika itu, Negara Sumatera Timur berdiri bersama 8 keresidenan lainnya. Bahkan, 7 diantara keresidenan itu sudah menjadi provinsi tersendiri.

Seperti Provinsi Aceh, Provinsi Sumatera Utara, Provinsi Sumatera Barat, Provinsi Sumatera Selatan, Provinsi Lampung, Provinsi Riau, dan Provinsi Bangka Belitung.

Sementara Negara Sumatera Timur sendiri dihapus dan berubah menjadi Provinsi Sumatera Utara.

Atas dasar itulah, maka ada wacana untuk mengembalikan kejayaan masa lalu dengan membentuk Provinsi Sumatera Timur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: