Empat Masjid Tertua di Palembang

Empat Masjid Tertua di Palembang

Salah satu Masjid tertua di Palembang.--

PALEMBANG, PALPOS.ID - Kota Palembang memiliki sejarah panjang dalam penyebaran agama Islam. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya bangunan masjid-masjid tua yang menjadi saksi penyebaran agama Islam di kota pempek ini.

Hingga kini masjid-masjid tua yang memiliki nilai histori yang sangat tinggi ini, masih dimanfaatkan umat muslim di Kota Palembang sebagai pusat ibadah dan dakwah.

Berikut Empat masjid tua yang ada di Kota Palembang yang memiliki nilai histori yang tinggi :

BACA JUGA:Ternyata Musik Jidur Disebarkan oleh Bangsa Belanda ke Sumsel

1.Masjid Agung Palembang

Masjid yang terletak di Jalan Merdeka Kelurahan 19 Ilir Kecamatan Bukit Kecil Kota Palembang ini, dibangun selama 10 tahun sejak 1738 Masehi hingga 1748 Masehi.

Dulunya masjid ini dikenal dengan nama Masjid Sultan, dimana masjid ini dibangun oleh Sultan Mahmud Badaruddin I atau dikenal dengan nama Jayo Wikramo.

Masjid yang berdiri kokoh tersebut diyakini berdiri di pusat Kesultanan Palembang Darussalam ini telah banyak melahirkan ulama-ulama besar satu diantaranya yaitu Syekh Abdus Shamad al-Palembang.

BACA JUGA:Ternyata Kisah Legenda Kota Ghaib Saranjana Dibawa ke Layar Lebar, Mari Simak!

2.Masjid Ki Marogan

Masjid Kiai Muara Ogan atau lebih dikenal dengan sebutan Masjid Ki Marogan ini terletak di pinggiran Sungai Musi tepatnya Kampung Karang Berahi Jalan Ki Marogan Kelurahan I Ulu Kecamatan Kertapati Kota Palembang.

Masjid ini didirikan oleh seorang ulama besar dan juga usahawan yang sukses yaitu Mgs H Abdul Hamid alias Ki Marogan pada tahun 1871 Masehi. 

Masjid ini menjadi pusat penyebaran agama Islam di pinggiran Sungai Musi pada masa itu yang dilakukan oleh Ki Marogan. 

BACA JUGA:Tidak Banyak Orang Tahu, Ternyata Menangis Bermanfaat Bagi Psikologis Manusia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: