Ini Batas Wilayah Kabupaten Lahat Calon Ibukota Provinsi Palapa Selatan Pemekaran Provinsi Sumsel-Bengkulu

Ini Batas Wilayah Kabupaten Lahat Calon Ibukota Provinsi Palapa Selatan Pemekaran Provinsi Sumsel-Bengkulu

Ini Batas Wilayah Kabupaten Lahat Calon Ibukota Provinsi Palapa Selatan Pemekaran Provinsi Sumsel-Bengkulu.-Palpos.id-Dokumen Palpos.id

Salahsatunya ada usulan provinsi baru pemekaran gabungan Provinsi Sumatera Selatan dan Provinsi Bengkulu. Adapun nama provinsi DOB itu yakni Provinsi Palapa Selatan.

Setidaknya ada 1 kota dan 5 kabupaten siap bergabung membentuk Provinsi daerah otonomi baru Provinsi Palapa Selatan tersebut. Alasannya karena satu keturunan yakni keturunan suku Besemah.

BACA JUGA:Usulan Daerah Otonomi Baru Kabupaten Musi Ilir Pemekaran Kabupaten Musi Banyuasin Provinsi Sumatera Selatan

BACA JUGA:Profil 6 Kecamatan di Kabupaten Muba Timur Pemekaran Kabupaten Musi Banyuasin Provinsi Sumatera Selatan

Adapun 1 Kota dan 5 kabupaten dimaksud, yaitu Kota Pagaralam, Kabupaten Lahat, Kabupaten Empat Lawang, ketiganya masuk wilayah Provinsi Sumatera Selatan atau Sumsel.

Sementara tiga kabupaten lagi merupakan wilayah selatan dari Provinsi Bengkulu. Yakni Kabupaten Bengkulu Selatan, Kabupaten Kaur, dan Kabupaten Seluma.

Calon Provinsi Palapa Selatan disebut-sebut sangat memenuhi syarat, termasuk mengenai syarat transportasi darat, transportasi laut, maupun transportasi udara.

Terakhir, dari sisi topografi atau kewilayahan juga sangat dekat. Sebab, diantara beberapa wilayah itu tak ada jarak, meskipun saat ini sudah masuk wilayah provinsi yang berbeda.

BACA JUGA:Usulan Pemekaran Kabupaten Musi Banyuasin Provinsi Sumatera Selatan, 5 Kecamatan Gabung Kabupaten Muba Timur

BACA JUGA:Wacana Bentuk 3 Kabupaten Daerah Otonomi Baru Pemekaran Kabupaten Musi Banyuasin Provinsi Sumatera Selatan

Dan yang terpenting, jika Provinsi Palapa Selatan terwujud, maka mimpi pembentukan Provinsi Sumselbar tentu akan tertunda. 

Sebab beberapa daerah sebelumnya tergabung dalam calon Provinsi Sumselbar, kini akan bergabung dengan Provinsi Palapa Selatan tersebut.

Salah seorang anggota DPRD Lahat Nopran Marjani mengaku sangat mendukung pembentukan Provinsi Palapa Selatan, meskipun dirinya juga merupakan salah satu penggagas Provinsi Sumselbar.

‘’Pembentukan Provinsi Palapa Selatan ini baru wacana, sedangkan Provinsi Sumselbar sudah ada usulan dan pengajuan. Hanya saja wilayah Provinsi Sumselbar belum terpenuhi syarat transportasi laut,” tegas Nopran Marjani kepada wartawan beberapa waktu yang lalu.

BACA JUGA:Usulan Daerah Otonomi Baru Kabupaten Banyuasin Tengah Pemekaran Kabupaten Banyuasin Provinsi Sumatera Selatan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: