Pemekaran Wilayah Provinsi Sumatera Selatan, Kabupaten Muratara Pilih Provinsi Sumselbar Atau Musi Raya

Pemekaran Wilayah Provinsi Sumatera Selatan, Kabupaten Muratara Pilih Provinsi Sumselbar Atau Musi Raya

Terwujudnya Provinsi Baru: Sumselbar di Sumatera Selatan Suara Masyarakat Diperjuangkan.-Palpos.id-Dokumen Palpos.id

MURATARA, PALPOS.IDKabupaten Muratara terdiri dari 7 kecamatan 7 kelurahan dan 82 desa dengan luas wilayah 6.009 kilometer persegi.

Karena terdampak pemekaran wilayah Provinsi Sumatera Selatan, Kabupaten Muratara harus pilih Provinsi Musi Raya atau Provinsi Sumselbar.

Itu dilema dari kabupaten dengan jumlah penduduk 192.369 jiwa sesuai data BPS tahun 2022 yang lalu, meskipun moratorium DOB belum dicabut Pemerintah Pusat.

Saat ini pilihannya tergantung dari warga, tokoh masyarakat, serta para pejabat Kabupaten Muratara yang bakal berpisah dari provinsi induk Provinsi Sumatera Selatan tersebut.

BACA JUGA:Pemekaran Wilayah Provinsi Sumatera Selatan, Kota Pagaralam Pilih Provinsi Sumselbar Atau Palapa Selatan

BACA JUGA:Pemekaran Wilayah Provinsi Sumatera Selatan, Kabupaten Musi Rawas Gabung Provinsi Sumselbar atau Musi Raya

Dampak pemekaran wilayah Provinsi Sumatera Selatan, membuat provinsi berjuluk Bumi Sriwijaya terancam bubar, dan tinggal 3 daerah masih setia.

Ketiga daerah itu, Kota Palembang, Kota Prabumulih, dan Kabupaten Banyuasin. Sementara, 14 daerah terdiri dari 2 kota dan 12 kabupaten diisukan bergabung dengan 4 calon provinsi baru

Yaitu calon Provinsi Sumselbar, Provinsi Palapa Selatan, Provinsi Musi Raya dan Provinsi OKE. Adapun ke-14 daerah memilih berpisah itu, Kota Pagaralam dan Kota Lubuklinggau. 

Kemudian, Kabupaten Musi Rawas, Kabupaten Muratara, Kabupaten Musi Banyuasin, Kabupaten Empat Lawang, Kabupaten Lahat, Kabupaten Muara Enim.

BACA JUGA:Kabupaten Muratara Satu-satunya Daerah Tertinggal di Provinsi Sumatera Selatan

BACA JUGA:Pemekaran Wilayah Provinsi Sumatera Selatan, 5 Daerah Terluas Masuk Wilayah Calon Provinsi Baru

Selanjutnya, Kabupaten PALI, Kabupaten OKU, Kabupaten OKU Timur, Kabupaten OKU Selatan, Kabupaten OKI dan Kabupaten Ogan Ilir atau OI.

Update Terbaru! Pemekaran Provinsi Sumatera Selatan usulkan 4 Provinsi Daerah Otonomi Baru. Dimana saja? Ini penjelasannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: