7 Fakta Unik Aceh Barat, Tempat Ditemukannya Pulau Baru di Indonesia Seluas Madura

7 Fakta Unik Aceh Barat, Tempat Ditemukannya Pulau Baru di Indonesia Seluas Madura

7 fakta unik Aceh Barat, tempat ditemukannya pulau baru seluas Pulau Madura di Indonesia-Foto : Tangkapan Layar Youtube @RG_drone-

PALEMBANG, PALPOS.ID - Kabupaten Aceh Barat, yang terletak di Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam telah menjadi perbincangan hangat di kalangan masyarakat Indonesia setelah ditemukannya sebuah pulau baru di wilayah tersebut.

Kabupaten ini memiliki luas yang sangat luas sebelum mengalami pemekaran, mencapai 10.097,04 kilometer persegi atau setara dengan 1.010.466 hektar.

Terletak di pantai barat dan selatan Pulau Sumatera, Aceh Barat membentang dari barat hingga timur, mulai dari kaki Gunung Geurutee hingga perbatasan dengan Aceh Besar.

BACA JUGA:Indonesia Memiliki Pulau Baru di Aceh Barat : Luasnya 2000 Kali dari Sipadan dan Ligitan yang Lepas

Kemudian terbentang hingga sisi Krueng Seumayam, yang merupakan perbatasan dengan Aceh Selatan, dengan panjang garis pantai mencapai 250 km.

Setelah pemekaran, luas wilayah Aceh Barat kini menjadi 2.927,95 kilometer persegi.

Pusat pemerintahan Kabupaten Aceh Barat berada di Meulaboh, yang terletak sekitar 245 kilometer dari Kota Banda Aceh, ibukota Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam.

BACA JUGA:TERBARU ! Pembentukan Provinsi Kepri Barat Pemekaran Kepulauan Riau, 1 Kota dan 4 Kabupaten Bergabung

Ada beberapa fakta unik tentang Aceh Barat yang mungkin belum banyak diketahui oleh masyarakat luas:

1. Kampung Teuku Umar

Salah satu fakta menarik dari Aceh Barat adalah Kampung Teuku Umar.

Teuku Umar adalah salah satu pahlawan nasional Indonesia yang memainkan peran penting dalam mempertahankan Aceh dari serbuan Belanda.

BACA JUGA:10 Fakta Unik Kota Batam, Calon Ibukota Provinsi Kepri Barat Pemekaran Kepulauan Riau

Ia menggunakan taktik berpura-pura bekerjasama dengan Belanda, lalu memimpin pasukan dengan fasilitas senjata setelah senjata berhasil dikumpulkan, dan mengubah arah untuk menyerang Belanda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: