PJ Bupati Muba Serahkan Remisi HUT RI ke-78 Kepada 807 WBP Lapas Sekayu

PJ Bupati Muba Serahkan Remisi HUT RI ke-78 Kepada 807 WBP Lapas Sekayu

pj bupati muba Apriyadi Mahmud saat berikan remisi bagi WBP Lapas Sekayu--

SEKAYU, PALPOS.ID.- Pj Bupati Muba Apriyadi menyambangi Lapas SEKAYU. Kedatangan Pj Bupati Muba tersebut untuk menyerahkan remisi kemerdekaan HUT RI ke-78 secara simbolis kepada Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lapas SEKAYU, Kamis (18/7/2023).

Kalapas SEKAYU Ronald Heru Praptama mengatakan, pada HUT RI ke-78 kali ini terdapat sebanyak 807 warga binaan yang mendapatkan remisi dari 1058 warga binaan.

"Tahun ini untuk remisi kemerdekaan ada 807 yang menerima, semuanya berstatus warga binaan," kata Ronald Heru.

BACA JUGA:Ada Yang Beda, Petugas Lapas Sekayu Pakai Baju Adat Saat Upacara HUT RI ke-78

Dikatakan Heru, dari jumlah tersebut, sebanyak 23 warga binaan dinyatakan bebas atau habis masa tahanan pokok. Namun, karena ada 6 warga binaan yang harus menjalani masa hukuman subsider, sehingga kebebasannya tertunda.

"Jadi, warga binaan yang memang benar-benar bebas itu ada 17 orang, 6 orang lagi harus jalani masa hukuman subsider," ujar Ronald Heru.

Lebih lanjut Ronald Heru mengatakan, para warga binaan yang mendapatkan remisi, dipastikan telah memenuhi persyaratan yang ditetapkan. Seperti berkelakuan baik selama menjalani masa tahanan, dan telah menjalani tahanan lebih dari enam bulan.

BACA JUGA:Momen Serunya Pj Bupati H Apriyadi Mahmud Ikut Lomba Makan Kerupuk

"Untuk yang dinyatakan bebas, semoga dapat segera beradaptasi dengan kehidupan masyarakat umum. Tolong laksanakan apa yang sudah kami ajarkan di sini, dan kami berharap tidak kembali lagi," pungkasnya.

Sementara itu, PJ Bupati Muba Apriyadi mengajak para warga binaan, terutama yang bebas untuk kembali ke keluarga masing-masing, serta menanamkan kebaikan dalam aktivitas sehari-hari.

"Pesan kami terutama yang mendapat remisi bebas selamat kembali ke keluarga masing-masing. Prinsipnya kepada yang akan bebas harus merubah diri, jangan lagi mengulangi perbuatan salah sehingga menyebabkan kalian masuk ke Lapas," ujar Apriyadi.

BACA JUGA:Lapas Sekayu Sabet Juara 2 dan Juara 3 Turnamen Badminton Antar Pegawai Kemenkumham Sumsel

Apriyadi juga mengucapkan selamat kepada yang mendapatkan remisi tapi belum bebas. Ia juga berpesan, untuk menjalani sisa masa tahanan dengan ikhlas, serta ikuti program kegiatan di Lapas, sehingga keluar nanti bisa menjadi pribadi yang bermanfaat bagi diri sendiri dan masyarakat.

Disamping itu, Pj Bupati Muba akan terus mendukung program pembinaan di Lapas Sekayu terutama di bidang pembinaan keagamaan. Misalnya, alumni warga binaan yang bebas nanti bisa memandikan dan menyalatkan jenazah. Sehingga, selain menjalani hukuman selama di Lapas paling tidak ada perubahan atau keterampilan yang bisa dilakukan.

"Selanjutnya, selain dapat program informal kita juga nanti akan mengusulkan agar warga binaan Lapas bisa dapat pendidikan formal. Kita fasilitasi sekolah seperti SMP, SMA sederajat atau sekolah paket hingga kuliah. Tenaga pendidiknya tidak harus datang setiap hari ke Lapas tapi bisa melalui kelas zoom meeting," ujar Apriyadi.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: