7 Calon Provinsi Baru di Indonesia, Potensi dan Kunikan Tapanuli Pemekaran Sumatera Utara

7 Calon Provinsi Baru di Indonesia, Potensi dan Kunikan Tapanuli Pemekaran Sumatera Utara

Ini Alasan Provinsi Sumatera Utara (Sumut) Melakukan Pemekaran Wilayah Menuju Kepulauan Nias.-Palpos.id-Dokumen Palpos.id

Mata pencaharian utama penduduk sebagian besar masih mengandalkan sektor pertanian.

Potensi hasil perkebunan seperti karet, kelapa, kopi, cengkih, dan nilam sangat cocok dengan keadaan alam Nias yang subur.

3.Provinsi Pulau Sumbawa

Dari Nusa Tenggara Barat, muncul Provinsi Pulau Sumbawa yang bertujuan untuk lebih fokus dalam pembangunan dan pelayanan publik.

Sumbawa, Sumbawa Barat, Dompu, Bima, dan Kota Bima akan terlibat dalam pemekaran ini. Pulau Sumbawa memiliki potensi lahan pertanian yang luas, serta sektor pertambangan, peternakan, dan pariwisata yang menjanjikan.

4. Provinsi Kapuas Raya

Pemekaran wilayah Kalimantan Barat melahirkan Provinsi Kapuas Raya yang terdiri dari Kabupaten Sanggau, Sekadau, Sintang, Kapuas Hulu, dan Melawi.

Provinsi ini memiliki potensi ekonomi yang besar, dengan sumber daya alam seperti hutan, pertanian, dan tambang yang dapat memberikan kontribusi signifikan bagi pertumbuhan ekonomi.

5. Provinsi Bolaang Mongondow Raya

Di Sulawesi Utara, Provinsi Bolaang Mongondow Raya terbentuk melalui pemekaran yang melibatkan kabupaten dan kota seperti Bolaang Mongondow, Bolaang Mongondow Selatan, Bolaang Mongondow Timur, Bolaang Mongondow Utara, dan Kota Mobagu.

Potensi sumber daya alam meliputi mineral logam, pertanian, perikanan, kelautan, dan pariwisata, yang belum sepenuhnya dimanfaatkan.

6. Provinsi Papua Barat Daya

Di Papua Barat, Provinsi Papua Barat Daya melibatkan kabupaten-kabupaten seperti Raja Ampat, Sorong Selatan, Maybrat, Tambraw, dan Kota Sorong.

Potensi ekonomi beragam, dari sektor gas dan minyak bumi hingga pertambangan emas, nikel, pasir besi, dan tembaga.

7. Provinsi Papua Tengah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: