Pemekaran Wilayah Provinsi Jambi, Intip Potensi Kabupaten Kerinci Gabung 3 Calon Provinsi Baru

Pemekaran Wilayah Provinsi Jambi, Intip Potensi Kabupaten Kerinci Gabung 3 Calon Provinsi Baru

Pemekaran Wilayah Provinsi Jambi: Ini Latar Belakang Pembentukan Daerah Otonomi Baru Kabupaten Kerinci Hilir.-Palpos.id-Dokumen Palpos.id

BACA JUGA:Wacana Pemekaran Kabupaten Bungo Provinsi Jambi Bentuk Daerah Otonomi Baru Kota Muara Bungo, Ini Progresnya...

Dan salah satu kelompok dari suku Proto Melaiers melakukan perjalanan menuju Kerinci hingga menetap dan keturunannya masih ada hingga saat ini.

Selain itu, Suku Kerinci juga salah satu suku tertua di Indonesia dan juga dikenal dengan sebutan Suku Kincai.

Bahkan, ada ahli meyakini jika Suku Kerinci sudah ada sejak 10.000 tahun yang lalu. Dan Suku Kerinci disebut lebih tua dari suku Inca yang ada di Peru.

2. Gunung Berapi Aktif dan Tertinggi di Pulau Sumatera

Kemudian di Kabupaten Kerinci ada gunung berapi aktif dan tertinggi di Pulau Sumatera. Nama gunung berapi itu yakni Gunung Kerinci dan masuk jajaran Bukit Barisan.

BACA JUGA:Usulkan Kabupaten Daerah Otonomi Baru Kabupaten Kerinci Hilir Pemekaran Kabupaten Kerinci Provinsi Jambi

BACA JUGA:Usulkan Kabupaten Daerah Otonomi Baru Pemekaran Kabupaten Muaro Jambi Provinsi Jambi...

Dimana, tinggi Gunung Kerinci sendiri 3.805 meter diatas permukaan laut atau mdpl. Bahkan, Gunung Kerinci berada di wilayah perbatasan antara Provinsi Jambi dan Provinsi Sumatera Barat.

Diketahui, badan gunung berada di wilayah Provinsi Sumatera Barat, namun namanya Gunung Kerinci hingga dikenal sebagai milik masyarakat Kabupaten Kerinci.

3. 60 Persen Wilayahnya adalah Taman Nasional 

Selain itu, 60 pern wilayah Kabupaten Kerinci masuk wilayah Taman Nasional Kerinci Seblat atau TNKS, yakni seluas 13.750 kilometer persegi.

Sebenarnya wilayah TNKS sendiri bukan hanya berada di wilayah Provinsi Jambi atau Kabupaten Kerinci. Namun ada juga masuk wilayah Provinsi Sumatera Barat, Provinsi Sumatera Selatan dan Provinsi Bengkulu.

BACA JUGA:Pemekaran Kabupaten Merangin Provinsi Jambi Wacanakan Bentuk 2 Kabupaten Daerah Otonomi Baru

BACA JUGA:Pemekaran Wilayah Provinsi Jambi Bakal Tambah 2 Kabupaten, Bukan Tambah Provinsi Baru...

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: