Peta Politik Pilgub Sumsel, Pengamat Politik Sebut Herman Deru Harus Perhitungkan Nama Ini

Peta Politik Pilgub Sumsel, Pengamat Politik Sebut Herman Deru Harus Perhitungkan Nama Ini

Dr Fadillah Harnawasyah, Pengamat Politik.--

LUBUKLINGGAU, PALPOS.ID -  Masa jabatan Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) H Herman Deru, segera berakhir. Satu persatu nama kandidat yang digadang-gadang  bakal maju sebagai penantang H Herman Deru dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sumsel 2024 mulai bermunculan. 

Beberapa diantaranya, Eddy Santana, Heri Amalindo, SN Prana Putra Sohe, dan Ishak Mekki.

Menanggapi hal itu, Pengamat Politik di Kota Lubuklinggau, Dr Fadillah Harnawasyah, ketika dihubungi Palembang Pos, Rabu 23 Agustus 2023, mengatakan bahwa  Pilgub masih sangat jauh. Pelaksanaannya setelah Pemilihan Presiden (Pilpres) dan Pemilihan Legislatif (PIleg).

BACA JUGA:Pj Bupati OKU Memberikan Bantuan Kepada Para Korban Kebakaran

"Sesudah Pileg dan Pilpres baru akan terlihat secara nyata bakal calon gubernur dan wakil gubernur yang akan diusung oleh partai politik (parpol)," demikian dikatakan Fadillah.

Menurutnya, beberapa nama diatas memang memiliki peta kekuatan basis massa masing-masing, sehingga bakal pasangan calon yang tepat bisa menjadi penantang bagi incumben (Herman Deru). 

Penantang yang bisa mengimbangi incumben ada beberapa seperti Eddy Santana, Ishak Mekki, dan Heri Amalindo dengan basis parpolnya masing-masing.

BACA JUGA:Kejari Didesak Periksa Bupati Musi Rawas

Namun mereka tentunya harus mendapat dukungan dr Parpolnya masing-masing terlebih dahulu. 

Akan tetapi, lanjut Wakil Rektor Universitas Musi Rawas ini, ada beberapa nama yang akan muncul dalam Pilgub nantinya yang sekarang masih dalam proses uji popularitas, kediskusaan, dan elektabilitas seperti Harnojoyo atau Mawardi Yahya dapat menjadi penantang yang harus diperhitungkan secara baik.

Sebab keduanya juga memiliki elektabilitas dan basis massa yang cukup banyak.  

"Namun akhirnya peta politik Pilkada baru bisa jelas ketika setelah Pileg dan pilpres Feb 2024 nanti," pungkasnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: