Pemekaran Wilayah Provinsi Kalimantan Barat, Usulan Provinsi Ketapang di Tengah Moratorium DOB

Pemekaran Wilayah Provinsi Kalimantan Barat, Usulan Provinsi Ketapang di Tengah Moratorium DOB

Pemekaran Wilayah Provinsi Kalimantan Barat, Usulan Provinsi Ketapang di Tengah Moratorium DOB untuk pemerataan pembangunan.-Palpos.id-Dokumen Palpos.id

Kabupaten Jelai Kendawangan Raya juga merupakan hasil pemekaran dari Kabupaten Ketapang. Kabupaten ini terdiri dari 6 kecamatan dan 90 desa dengan luas wilayah sekitar 12.309 kilometer persegi dan penduduk sekitar 161.480 jiwa. 

Wilayah ini berbatasan dengan calon daerah Kabupaten Tumbang Titi di sebelah utara, Provinsi Kalimantan Tengah di sebelah timur, Provinsi Kalimantan Tengah dan Laut Jawa di sebelah selatan, serta Selat Karimata di sebelah barat.

3. Kabupaten Tumbang Titi:

Kabupaten Tumbang Titi adalah hasil pemekaran dari Kabupaten Ketapang Provinsi Kalimantan Barat. Kabupaten ini terdiri dari 7 kecamatan dan 87 desa, dengan luas wilayah sekitar 6.518 kilometer persegi dan penduduk sekitar 167.035 jiwa. 

Kabupaten Tumbang Titi berbatasan dengan calon daerah Kabupaten Hulu Aik dan Kabupaten Kayong Utara di sebelah utara, Provinsi Kalimantan Tengah dan calon daerah Kabupaten Jelai Kendawangan di sebelah timur, calon daerah Kabupaten Jelai Kendawangan Raya di sebelah selatan, serta Kota Ketapang dan Selat Karimata di sebelah barat.

BACA JUGA:Pemekaran Wilayah Provinsi Kalimantan Barat, 2 Kabupaten Gabung Provinsi Baru Yakni Provinsi Ketapang

BACA JUGA:Pemekaran Wilayah Provinsi Kalimantan Barat Menuju Terwujudnya Provinsi Kapuas Raya

4. Kabupaten Hulu Aik:

Kabupaten Hulu Aik adalah hasil pemekaran Kabupaten Ketapang Provinsi Kalimantan Barat. Kabupaten ini terdiri dari 5 kecamatan dan 65 desa, dengan luas wilayah sekitar 12.338 kilometer persegi dan penduduk sekitar 113.404 jiwa menurut hasil sensus penduduk BPS tahun 2022. 

Batas wilayah Kabupaten Hulu Aik meliputi sebelah utara dengan Provinsi Kalbar (daerah induk) dan calon daerah Provinsi Kapuas Raya, sebelah timur dengan calon daerah Provinsi Kapuas Raya, sebelah selatan dengan calon Kabupaten Tumbang Titi dan Provinsi Kalimantan Tengah, serta sebelah barat dengan Kabupaten Kayong Raya dan Provinsi Kalbar.

5. Kabupaten Kayong Utara:

Kabupaten Kayong Utara adalah hasil pemekaran Kabupaten Ketapang yang terjadi pada tahun 2007. Kabupaten ini memiliki luas wilayah sekitar 4.568,26 kilometer persegi dan penduduk sekitar 128.550 jiwa. Kabupaten Kayong Utara terdiri dari enam kecamatan, yang mencakup daratan Pulau Kalimantan serta 104 pulau yang tersebar di beberapa kecamatan.

Batas wilayah Kabupaten Kayong Utara meliputi sebelah utara dengan Provinsi Kalbar dan calon daerah Kabupaten Hulu Aik, sebelah timur dengan calon daerah Kabupaten Hulu Aik, sebelah selatan dengan calon daerah Kabupaten Tumbang Titi dan Selat Karimata, serta sebelah barat dengan Selat Karimata.

BACA JUGA:Pemekaran Wilayah Provinsi Kalimantan Timur, Menjelajahi Kecantikan Danau Labuan Cermin di Kabupaten Berau

BACA JUGA:Pemekaran Wilayah Provinsi Kalimantan Timur, Wisata Eksotis Goa Mulut Besar Calon Provinsi Berau Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: