Pemekaran Wilayah Provinsi Kalimantan Barat, Usulan Provinsi Ketapang di Tengah Moratorium DOB

Pemekaran Wilayah Provinsi Kalimantan Barat, Usulan Provinsi Ketapang di Tengah Moratorium DOB

Pemekaran Wilayah Provinsi Kalimantan Barat, Usulan Provinsi Ketapang di Tengah Moratorium DOB untuk pemerataan pembangunan.-Palpos.id-Dokumen Palpos.id

KETAPANG, PALPOS.ID – Pemekaran wilayah Provinsi Kalimantan Barat, usulan Provinsi Ketapang di Tengah Moratorium DOB.

Sebagaimana diketahui, Provinsi Kalimantan Barat atau Provinsi Kalbar telah mengusulkan pemekaran wilayah, meskipun moratorium Daerah Otonomi Baru (DOB) belum dicabut oleh Pemerintah Pusat

Rencana ini bertujuan untuk meningkatkan pemerataan pembangunan di wilayah ini. Tiga provinsi baru yang diusulkan adalah Provinsi Sambas Raya, Provinsi Kapuas Raya dan Provinsi Ketapang, yang akan membawa perubahan signifikan dalam tata kelola dan pembangunan daerah.

Pemekaran wilayah untuk pembentukan Provinsi Ketapang sendiri telah dirinci menjadi lima daerah calon DOB yang perlu diperhatikan dalam pemekaran daerah tersebut:

BACA JUGA:Pemekaran Wilayah Provinsi Kalimantan Barat Upaya Memenuhi Syarat Menuju Provinsi Ketapang

BACA JUGA:Pemekaran Wilayah Provinsi Kalimantan Barat, Calon Provinsi Kapuas Raya Segera Terwujud, Ini Progresnya...

1. Kota Ketapang:

Kota Ketapang merupakan hasil pemekaran dari Kabupaten Ketapang. Kabupaten Ketapang saat ini memiliki luas wilayah sekitar 31.240 kilometer persegi, terdiri dari 20 kecamatan dan 262 desa. Penduduknya mencapai 579.927 jiwa menurut sensus penduduk BPS tahun 2022.

Dalam pemekaran ini, Kota Ketapang akan menyisakan 2 dari 20 kecamatan dari wilayah Kabupaten Ketapang, yaitu Kecamatan Delta Pawan dan Kecamatan Benua Kayong. Namun, ini belum mencukupi syarat untuk membentuk Kota otonom, sehingga akan dilakukan pemekaran kecamatan lagi. 

Kecamatan Delta Pawan akan dibagi menjadi Kecamatan Delta Pawan Barat dan Kecamatan Delta Pawan Timur, sedangkan Kecamatan Benua Kayong akan menjadi Kecamatan Benua Kayong Barat dan Kecamatan Benua Kayong Timur.

Kota Ketapang nantinya akan memiliki luas wilayah sekitar 423 kilometer persegi dengan penduduk sekitar 138.008 jiwa menurut hasil sensus penduduk BPS tahun 2022. Wilayah ini berbatasan dengan calon daerah Kabupaten Tumbang Titi di sebelah utara, timur, dan selatan serta Selat Karimata di sebelah barat.

BACA JUGA:Pemekaran Wilayah Provinsi Kalimantan Barat, Luas Wilayah Provinsi Kapuas Raya Lebih Luas dari Provinsi Induk

BACA JUGA:Pemekaran Wilayah Provinsi Kalimantan Barat, DOB Kota Sintang Calon Ibukota Provinsi Kapuas Raya

2. Kabupaten Jelai Kendawangan Raya:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: