Pemekaran Pulau Papua, Usulkan 3 Provinsi Baru Lagi, Faktor Keamanan Jadi Alasan Utama

Pemekaran Pulau Papua, Usulkan 3 Provinsi Baru Lagi, Faktor Keamanan Jadi Alasan Utama

Bumi Cenderawasih Bergolak: Jejak Panjang Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) dan Dinamika Papua Merdeka.-Palpos.id-Dokumen Palpos.id

BACA JUGA:Pemekaran Sulawesi Utara: Harapan dan Realitas di Balik Rencana Pembentukan Provinsi dan Kabupaten Baru

Dengan adanya pemekaran, diharapkan pelayanan pemerintah dapat lebih cepat dan efisien.

Selain itu, pemekaran wilayah juga dianggap bisa memperkuat aspek keamanan, terutama di wilayah yang berbatasan langsung dengan negara lain seperti Papua Nugini.

Berikut usulan 3 calon provinsi baru di Pulau Papua : 

1. Provinsi Papua Timur

Provinsi ini diusulkan untuk memekarkan wilayah Papua Pegunungan yang mencakup Oksibil dan beberapa kabupaten di Pegunungan Bintang. 

Mesakh Mirin, anggota DPR dari Daerah Pemilihan Papua, menegaskan bahwa pembentukan Papua Timur penting, terutama dalam memperkuat aspek keamanan karena berbatasan langsung dengan Papua Nugini.

Syarat minimal pembentukan daerah otonomi baru adalah memiliki lima kabupaten/kota. 

Untuk itu, empat calon daerah otonomi baru (CDOB) direncanakan, yaitu Kabupaten Ketengban, Kabupaten Oknim Papua Pegunungan, Kabupaten Okmin Papua Selatan, dan Kota Oksibil.

2. Provinsi Papua Utara

Usulan pemekaran ini berasal dari Papua Barat Daya dan melibatkan empat kabupaten: Waropen, Kepulauan Yapen, Biak Numfor, dan Supiori. 

Karena belum mencukupi syarat, muncul usulan dua daerah otonomi baru, yaitu Kabupaten Kepulauan Numfor dan Kota Biak.

3. Provinsi Papua Barat Tengah

Empat kabupaten di Papua Barat, yakni Teluk Wondama, Teluk Bintuni, Fakfak, dan Kaimana, mengusulkan pembentukan daerah otonomi baru yang dinamakan Papua Barat Tengah. 

Kabupaten-kabupaten ini telah sepakat mengalokasikan anggaran dari APBD mereka untuk mendukung tim percepatan pembentukan provinsi baru ini. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: