Bupati OKI Apresiasi Marga Danau Mampu Jaga Tradisi

Bupati OKI Apresiasi Marga Danau Mampu Jaga Tradisi

Suasana peringatan HUT LAMD ke-259 di Balai Desa Pedamaran III, Kecamatan Pedamaran, Kabupaten OKI, Rabu (27/9/2023). -Foto : Ist-

KAYUAGUNG, PALPOS.ID - Bupati Ogan Komering Ilir (OKI), H Iskandar SE mengapresiasi Marga Danau (Pedamaran) karena telah memelihara dan menjaga tradisi kearifan lokal di tengah derasnya modernisasi dan perubahan zaman. 

Menurut Iskandar, Marga Danau adalah benteng terakhir peradaban Suku Panesak. Dirinya sangat menghargai dirawat dan dipeliharanya adat, tradisi, serta kearifan-kearifan lokal di Pedamaran.

"Digelari masyarakat Pedamaran Ndo Barap Pangeran Raksaguna pada 2014 lalu merasa bangga jadi bagian dari keluarga besar marga danau," ungkapnya pada peringatan hari jadi ke-259 Marga Danau di Desa Pedamaran III, Kecamatan Pedamaran OKI, Rabu (27/9/2023) malam.

Ia menambahkan, dirinya melihat adat, tradisi, kearifan lokal, tata krama tetap dipelihara dan dirawat oleh masyarakat Pedamaran meski  merantau jauh hingga tersebar se-Nusantara. Kecintaan akan kampung halaman tidak pernah lekang.

BACA JUGA:2.300 Unit Rumah Siap Akad Kredit Hasil Kolaborasi BTN Syariah dan BP Tapera

"Upaya pelestarian adat budaya ini harus didukung, sebagai bentuk dukungan pelestarian dan perlindungan tradisi lokal pada tahun 2019 Pemkab OKI bersama DPRD OKI telah menetapkan Perda perlindungan gambut dan lebak purun," ujarnya.

Dikatakannya lagi, mereka menyepakati peruntukan ruang gambut dijadikan sebagai kawasan budidaya. Salah satunya, gambut yang berada di Lebak Purun Guoh dan Gambalan seluas 857 hektare di Kecamatan Pedamaran.

"Kehadiran Perda ini sebagai bentuk dukungan pemerintah terhadap kelestarian purun sebagai kearifan lokal masyarakat Pedamaran," tuturnya.

Pada kesempatan itu, Masyarakat Marga Danau memberi gelar kehormatan kepada 9 orang tokoh yang dinilai banyak berkontribusi terhadap kelestarian budaya dan kehidupan sosial masyarakat.

BACA JUGA:Pimpin INKA-Do Sumsel, Roy Riady Komitmen Besarkan INKA-Do

Salah satu penerima gelar yaitu M Alki Ardhiansyah Iskandar, Duta Literasi Kabupaten OKI yang diberi mandat gelar Pangeran Iskandar Raksaguna.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua LAMD, Kitum Sopidin mengatakan peringatan hari jadi ke-259 Marga Danau merupakan ajang menguatkan kembali ikatan kekeluargaan Marga Danau. 

"Disini kita berkumpul untuk terus menjaga ikatan silaturahmi, menjaga tradisi yang diwariskan para leluhur Marga Danau. Saya juga mengapresiasi dukungan pemerintah terhadap kelestarian adat budaya Marga Danau," imbuhnya.

Masih kata Sopidin, dukungan Ndo Barap Iskandar Raksaguna terhadap kelestarian adat budaya Marga Danau sangat mereka apresiasi, terutama dalam pelestarian purun sebagai bagian dari identitas masyarakat pedamaran.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: