DPRD Ogan Ilir Dukung Langkah Penanggulangan Karhutla dan Ajak Seluruh Masyarakat Berperan Aktif

DPRD Ogan Ilir Dukung Langkah Penanggulangan Karhutla dan Ajak Seluruh Masyarakat Berperan Aktif

DPRD Ogan Ilir Dukung Langkah Penanggulangan Karhutla dan Ajak Seluruh Masyarakat Berperan Aktif--Foto: Isro/Palpos.id

OGANILIR,PALPOS.ID - Dalam upaya untuk mengatasi dan mencegah karhutla yang semakin meluas di wilayah Kabupaten Ogan Ilir, DPRD Ogan Ilir dengan suara bulat mendukung segala langkah-langkah yang telah diambil oleh pemerintah kabupaten, kepolisian, dan TNI. 

Suharto Hasyim, yang merupakan Ketua DPRD Ogan Ilir, menyampaikan dukungan penuh dari lembaga legislatif ini terhadap usaha-usaha penanggulangan karhutla yang tengah dilakukan oleh semua pihak terkait.

"Karhutla, atau kebakaran hutan dan lahan, adalah masalah serius yang tidak hanya mengancam lingkungan, tetapi juga kesehatan masyarakat serta ekonomi lokal," ungkap Suharto. Jumat, 6 Oktober 2023.

BACA JUGA:Ini Keunggulan Motor Bebek Kawasaki Terbaru : Mesin Bertenaga dan Irit Bahan Bakar !

"Oleh karena itu, DPRD Ogan Ilir tidak hanya mendukung secara tegas langkah-langkah penanggulangan karhutla, tetapi juga mengajak seluruh masyarakat untuk berperan aktif dalam mencegah dan menghindari terjadinya karhutla," lanjutnya.

Suharto menekankan bahwa tanggung jawab untuk mencegah karhutla tidak hanya ada pada Pemerintah Daerah (Pemda), kepolisian, dan TNI.

"Setiap warga masyarakat, dari berbagai lapisan dan komponen, memiliki peran penting dalam menjaga lingkungan dan menghindari tindakan yang dapat menyebabkan karhutla, seperti pembakaran hutan," katanya.

BACA JUGA:Sudah Tidak Layak Pakai Lagi, 21 Halte di Palembang Ini Dibongkar

Selain itu, DPRD Ogan Ilir juga mengingatkan pentingnya pendidikan dalam mengatasi dampak karhutla. Dalam situasi di mana asap tebal mengancam kesehatan anak-anak dan membuat sekolah merubah jam pembelajatanya.

"DPRD Ogan Ilir mendorong Dinas pendidikan untuk memberikan solusi yang memungkinkan anak-anak untuk belajar dari rumah, seperti dengan metode pembelajaran online atau daring," kata Suharto.

Hal tersebut, katanya bertujuan untuk melindungi anak-anak dari paparan polusi asap yang dapat membahayakan kesehatan mereka.

BACA JUGA:Glamping Lembah Indah Malang, Sensasi Menginap di Kaki Gunung Kawi

"DPRD Ogan Ilir berharap agar tenaga kesehatan terus memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, terutama yang terdampak oleh dampak kesehatan karhutla," terangnya.

Tidak hanya itu, Suharto Hasyim juga mengajak seluruh masyarakat untuk melakukan sholat dan doa bersama di setiap kecamatan, memohon turunnya hujan dan menjauhkan bahaya karhutla yang semakin meluas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: