8 Obat Asam Urat Alami

8 Obat Asam Urat Alami

8 Obat Asam Urat Alami.-Palpos.id-Dokumen Palpos.id

5. Biji seledri

Biji seledri juga merupakan obat asam urat alami, karena ekstraknya memiliki sifat antioksidan dan antiinflamasi yang dapat mengurangi pembengkakan di area sendi akibat peradangan pada penyakit asam urat.

Senyawa flavonoid  yang terdapat pada biji seledri  dapat menurunkan kadar asam urat dengan meningkatkan pembuangan asam urat melalui urine.  Manfaat ini diperoleh dari zat aktifnya yakni  iridoid glikosida dan flavonoid.

Biji seledri juga mengandung banyak senyawa aktif sperti luteolin dan 3-n butylphthalide (3nB) yang bermanfaat dalam mengurangi peradangan dan mengontrol produski asam urat.

6. Cuka apel

Cuka apel memiliki sifat antiinflamasi yang dapat membantu mengurangi rasa nyeri akibat radang sendi, termasuk yang disebabkan oleh asam urat. 

BACA JUGA:Pahami Warisan Genetik dan Tips Nengelola Nutrisi Untuk Kesehatan Kucing, Begini Caranya!

BACA JUGA:Buah Kelapa Dapat Mendukung Fungsi Otak Dan Kesehatan Jantung

Cuka apel dapat mencegah penumpukan asam urat  (uric acid) dengan cara meningkatkan aklalinitas (kebasaan) dan pembuangan asam urat dari dalam tubuh.

Cuka apel sebagai obat asam urat dapat dikonsumsi 2 sendok makan 3 kali dalam sehari. Jika terlalu asam cuka apel bisa dicampur dengan madu yang juga memiliki sifat antiinflamasi.

7. Jelatang

Tanaman jelatang (urtica dioica) merupakan tanaman herbal yang dapat menjadi obat asam urat alami. Tanaman ini mengandung zat  antiradang yang disebut dengan hox alpha .

Zat tersebut mampu menekan pelepasan sitokin yang memicu peradangan pada sendi. Tanaman jelatang juga diperkaya dengan kalium dan magnesium yang dapat digunakan untuk meredakan gejala asam urat secara alami.

BACA JUGA:Klinik Pratama PTPN VII Palembang Resmi Ikuti Proses Akreditasi: Menuju Pelayanan Kesehatan Berkualitas

BACA JUGA:Nggak Perlu Sulam Alis? Coba Pakai Buah Karamunting Alis Tebal Seperti Semut Beriring

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: